Pemerintah Aceh Jadikan Teluk Surin Kawasan Ekonomi Khusus, Wabup Abdya: Kita Sudah Siap Bekerja

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT kepada Serambinews.com mengaku bahwa Pemkab Abdya sangat siap dan mendukung kehadiran KEK di Abdya.

Pemerintah Aceh Jadikan Teluk Surin Kawasan Ekonomi Khusus, Wabup Abdya: Kita Sudah Siap Bekerja
Foto. Antaranews.com
Pelabuhan Teluk Surin yang bakal jadi pelabuhan bertaraf internasional. 

Laporan Rahmat Saputra | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Wacana Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah MT menjadikan Teluk Surin, Desa Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) sebagai Kawasan Ekonomi khusus (KEK) Barat Selatan Aceh mendapat respon positif dari berbagai pihak.

Pasalnya, kehadiran KEK Barat Selatan itu bukan saja bisa membuka lapangan kerja dalam skala besar di Abdya, juga bisa menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT kepada Serambinews.com mengaku bahwa Pemkab Abdya sangat siap dan mendukung kehadiran KEK di Abdya.

"Insya Allah, kita sangat siap mewujudkan wacana Pak Plt Gubernur Aceh," ujar wakil Bupati Abdya, Muslizar MT.

Baca: KEK Arun Magnet Investasi Aceh

Menurutnya, dari segi georafis Abdya sangat cocok, karena Abdya berada di tengah baik itu di kawasan Barat Selatan, maupun kawasan Tengah.

"Dengan jarak yang sangat dekat ini, tidak ada alasan kita menolak wacana dan niat baik Pak Gubernur ini," katanya.

Baca: Aceh Tawarkan Kemudahan Investasi di KEK Arun

Bahkan, Muslizar MT mengaku telah meminta kepada sejumlah dinas terkait mengurus seluruh dokumen untuk percepatan KEK Barat Selatan.

"Apalagi pengembangan Kawasan Surin ini, masuk dalam visi-misi kita, dan insya Allah kita sangat mendukung dan siap bekerja penuh memajukan kawasan Barat Selatan," cetusya.

Baca: Asing akan Investasi di KEK Arun

Menurutnya, ada beberapa alasan Teluk Surin cocok dijadikan KEK, selain aspek georafis dan area yang sangat luas, juga dengan dibangunnya infrastruktur jalan lingkar yang lebarnya seluas 30 meter, juga menjadi layak menjadikan Abdya sebagai KEK.

Jalan yang dibangun sejak 10 tahun silam itu, bukti bahwa Pemkab Abdya sudah serius mewujudkan Abdya sebagai kawasan KEK di Barat Selatan.

"Bahkan, kita semua sangat berharap dan siap bekerja, dalam percepataan realisasi pembangunan ini," tambahnya.

Karena, lanjutnya, program tersebut, bukan saja masuk dalam RTRW Aceh sebagai pusat agroindustri, Surin juga sudah masuk dalam RPJM Nasional 2020-2024 dan Rencana Induk Pelabuhan Nasional. (*)

Penulis: Rahmat Saputra
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved