KIP Banda Aceh Rekrut Relawan Demokrasi, Pendaftaran Dibuka Hingga 17 Januari 2019

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, merekrut relawan demokrasi untuk menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya Pemilu.

KIP Banda Aceh Rekrut Relawan Demokrasi, Pendaftaran Dibuka Hingga 17 Januari 2019
For Serambinews.com
Yusri Razali 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh, merekrut relawan demokrasi untuk pemilu 2019.

Kehadiran relawan demokrasi ini diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya Pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Komisioner KIP Kota Banda Aceh, Yusri Razali mengatakan, proses rekrutmen relawan demokrasi dilakukan mulai 11 hingga 17 Januari 2019. Penyerahan dokumen administrasi mulai 12 hingga 15 Januari.

Bagi warga Kota Banda Aceh yang ingin bergabung menjadi relawan demokrasi, dapat mendaftar langsung di KIP Banda Aceh. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di website resmi KIP Banda Aceh http://kip.bandaacehkota.go. id/.

“Program relawan demokrasi ini dilatarbelakangi oleh inflasi kualitas memilih. Karena, tanpa mengabaikan apresiasi kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya secara cerdas, sebagian pemilih kita banyak yang terjebak dalam pragmatisme,” ungkap Yusri Razali, Ketua Divisi Sosialisasi, Pendididkan Pemilih, Parmas dan SDM KIP Kota Banda Aceh, Sabtu (12/1/2019).

Baca: KIP Aceh Rilis Data Pemilih Tambahan, Ini Jumlah Sementara

Baca: DKPP Nyatakan Pengaduan Abdullah Puteh terhadap KIP Aceh dan KPU tidak Dilanjutkan

Yusri menambahkan, program relawan demokrasi ini melibatkan 55 relawan dari kelompok masyarakat yang berasal dari 11 basis pemilih strategis.

Yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet, dan basis relawan demokrasi.

“Pelopor-pelopor demokrasi tersebut nantinya akan dibentuk di setiap basis yang kemudian menjadi penyuluh atau menyosialisasikan pentingnya partisipasi dalam Pemilu,” kata Yusri.

Baca: Diduga Melanggar Administrasi, Lima Caleg DPRK Aceh Timur Ini Terancam Dicoret dari Peserta Pemilu

Baca: Sosok Dosen Bergelar Doktor yang Tertangkap Berselingkuh dengan Mahasiswinya di Kupang

Ia berharap kehadiran relawan demokrasi ini mampu mendorong tumbuhnya kesadaran serta tanggung jawab masyarakat untuk menggunakan haknya dalam Pemilu serentak 2019 secara optimal.

“Sehingga, partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya,” pungkasnya.(*)

Penulis: Taufik Hidayat
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved