Tujuh Rumah di Pintu Rime Gayo Dirusak Gajah Liar, Satu Keluarga Terpaksa Diungsikan

Kawanan gajah liar kembali merusak tujuh rumah warga di dua desa dalam Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah dalam tiga hari terakhir.

Tujuh Rumah di Pintu Rime Gayo Dirusak Gajah Liar, Satu Keluarga Terpaksa Diungsikan
Dok: Camat Pintu Rime Gayo
Gajah liar kembali merusak rumah warga di Kampung Musara 58, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Sabtu (19/1/2019) malam. 

Laporan Muslim Arsani | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Kawanan gajah liar kembali merusak tujuh rumah warga yang tersebar di dua desa, di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah dalam tiga hari terakhir.

Rumah yang diamuk gajah liar tersebut, enam unit berada di Kampung Persiapan Sejahtera, dan satu unit rumah berada di Kampung Musara 58.

Tidak ada korbam jiwa dalam insiden tersebut. Namun satu keluarga harus direlokasi ke tempat aman yang jauh dari jangkauan gajah liar.

"Dalam tiga hari ini, sudah tujuh rumah yang dirusak oleh gajah. Yang terbaru, terjadi di Kampung Musara 58 sekitar pukul 22.00 WIB Sabtu (19/1/2019) malam. Dimana satu rumah warga rusak pada bagian dapurnya akibat diobrak-abrik gajah," kata Sanusi Purnawira Dade, Camat Pintu Rime Gayo, Minggu (20/1/2019).

Baca: Korban Amuk Gajah Dirujuk ke Banda Aceh

Baca: Puluhan Hektare Kebun Dirusak Gajah

Baca: Gajah Mulai Beradaptasi Lahir Tanpa Gading Akibat Sering Diburu oleh Manusia

Selain itu, sekitar 15 hektare lahan perkebunan warga yang berada di Kampung Menderek juga luluhlantak oleh hewan mamalia bertubuh besar tersebut.

Padahal upaya penggiringan gajah sudah dilakukan beberapa waktu lalu, dimana termonitor sedikitnya 43 ekor gajah berada di wilayah utara yang berbatasan dengan Kabupaten Bireuen itu.

"Sebelumnya, 36 ekor gajah sudah berhasil digiring ke hutan. Namun ada satu kawanan gajah yang berjumlah 7 ekor yang belum berhasil digiring karena satu indukan gajah sedang beranak, sehingga sulit digiring," ungkapnya.

Baca: VIDEO - Detik-detik Puting Beliung di Lapangan Pacuan Kuda Bener Meriah, Delapan Warga Terluka

Baca: Rindu, Presiden Jokowi Titip Salam untuk Warga Bener Meriah Karena Alasan Ini

Untuk antisipasi kedatangan kawanan gajah liar lain ke permukiman dan perkebunan warga, ia mengaku tengah menggiatkan pembangunan parit isolasi (barrier) yang berada di tiga jalur masuk gajah.

"Setidaknya ada tiga titik jalur masuk gajah yang lokasinya berada di Jalung, Dusun Sosial Kampung Singah Mulo, dan di Arul Cincin," tukasnya.(*)

Penulis: Muslim Arsani
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved