Resmikan Museum Kota Langsa, Tauke Seuem: Akan Jadi Ikon Kota dan Kajian Sejarah

Wali Kota meminta masyarakat jika memiliki koleksi-koleksi benda sejarah, agar dapat menghibahkan ke Museum Kota Langsa ini.

Resmikan Museum Kota Langsa, Tauke Seuem: Akan Jadi Ikon Kota dan Kajian Sejarah
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Tauke Seuem, didamping Dandim 0104/Atim, Letkol Inf M Iqbal Lubis, Wakil Ketua DPRK Faisal, memotong pita saat peresmian museum. 

Lapotan Zubir I Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Wali Kota Langsa, Usman Abdullah SE atau disapa Tauke Seuem, Selasa (22/1/2019) meresmikan Museum Kota Langsa, yang akan dijadikan ikon Kota Langsa dan kajian sejarah.

Gedung museum ini adalah bekas bangunan Belanda dan sempat dijadikan Kantor Bapeda Pemkab Aceh Timur lalu diserahkan kepada Pemko Langsa di Jalan A Yani, Pusat Kota Langsa.

Baca: Data CVR Black Box Lion Air JT 610 yang Jatuh di Tanjung Karawang Mulai Terbaca

Baca: BPJS Kesehatan Terbitkan Peraturan Baru, Perhatikan Hal Ini Agar Status Pasien BPJS Anda Tidak Gugur

Baca: Buat Laporan Palsu, Pekerja di Toko Bangunan Ditahan di Polsek Ulee Kareng

Tauke Seuem, mengatakan, Gedung Museum akan menjadi icon dan pusat kajian sejarah Aceh, serta kajian sejarah Kota Langsa.

Dirinya juga berharap museum ini menjadi pusat dokumentasi sejarah dunia, pendidikan, karya-karya seni, kolektor, perkenalan objek budaya, dan berbagai cermin budaya masa lalu.

Ke depan museum ini dijadikan objek wisata baru Kota Langsa, selain dua objek wisata yang telah ada di daerah ini yakni Taman Hutan Kota dan kawasan Hutan Manggrove.

Wali Kota meminta masyarakat jika memiliki koleksi-koleksi benda sejarah, agar dapat menghibahkan ke Museum Kota Langsa ini.

Kepada dinas terkait diminta agar terus menambah koleksi benda bersejarah.

Baik melalui mekanisme hibah atau pinjaman dari para kolektor, agar museum tersebut dipenuhi benda sejarah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, Dra Suhartini MPd, melaporkan, museum ini adalah lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan koleksi, serta mengkomunikasikannya kepada masyarakat luas.(*)

Berita selengkapnya, baca Harian Serambi Indonesia, edisi Rabu (22/1).

Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved