Lima Guru Aceh Jadi Finalis Olimpiade Guru Nasional 2019, Jumlahnya Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Sebanyak lima guru SMA sederajat dari Provinsi Aceh bersama 130 guru lainnya se-Indonesia, lolos sebagai finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN)...

Lima Guru Aceh Jadi Finalis Olimpiade Guru Nasional 2019, Jumlahnya Meningkat Dibanding Tahun Lalu
For Serambinews.com
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin SPd MPd 

Lima Guru Aceh Jadi Finalis Olimpiade Guru Nasional 2019, Jumlahnya Meningkat Dibanding Tahun Lalu

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak lima guru SMA sederajat dari Provinsi Aceh bersama 130 guru lainnya se-Indonesia, lolos sebagai finalis Olimpiade Guru Nasional (OGN) Tahun 2019 jenjang SMA/SMK/SLB oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI.

Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2018, dimana Aceh hanya mampu mengirimkan 3 wakilnya ke babak final OGN.

Baca: Wakil Ketua DPRK Bireuen Jenguk Guru Dayah Korban Kecelakaan di RSBMC

Baca: Delapan TPS di Aceh Utara Masuk Kategori Sangat Rawan, Ini Sebabnya

Baca: Aceh Utara Masih Kekurangan Surat Suara, Ini Jumlahnya

Adapun kelima finalis OGN 2019 asal Aceh yaitu Sri Warzukni SSi guru Biologi di SMAN 2 Lhokseumawe, Haniatun SE guru Ekonomi di SMAN 1 Tapaktuan, dan Safrizal SSos guru Sosiologi di SMAN 1 Langsa.

Selain itu ada Honesty Teunomvira SS guru Bahasa Jepang di SMAN 1 Kejuruan Muda Aceh Tamiang, dan Nurlinawati SE SPd guru Program Kebutuhan Khusus di SLB Cinta Mandiri Kota Lhokseumawe.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Syaridin SPd MPd, Senin (15/4/2019) di Banda Aceh. Dirinya menyampaikan apresiasi setingginya kepada guru SMA sederajat itu, seraya berharap para finalis mampu menjuarai kompetisi nasional tersebut.

“Peningkatan jumlah finalis OGN tahun ini membuktikan bahwa mutu guru di Aceh terus meningkat. Mereka mampu bersaing di kancah nasional,” ujarnya.

Menurut urutan nasional, lanjut Syaridin, jumlah finalis dari Aceh berada pada peringkat 7 dari 34 provinsi di Indonesia. “Provinsi Aceh dan Riau sama-sama berhasil mengirimkan 5 guru finalis OGN 2019. Jumlah finalis ini merupakan yang terbanyak yang pernah kita kirimkan ke ajang tersebut,” jelasnya.

Syaridin menambahkan, Dinas Pendidikan Aceh sudah memberikan pembekalan kepada para finalis sebelum event OGN dimulai. Pembekalan itu guna meningkatkan kompetensi para wakil Aceh hingga ke tahapan seleksi berikutnya di Jakarta.

“Kami berharap finalis dari Aceh dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin agar tampil maksimal di sana, serta dapat mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional,” pesannya.

Adapun final OGN 2019 akan dihelat pada 29 April-3 Mei 2019 di Jakarta. Pada seleksi tingkat nasional itu, Kemdikbud telah mempersiapkan serangkaian tes bagi seluruh finalis meliputi tes tertulis, praktik mengajar, presentasi, penilaian gagasan ilmiah, hingga penilaian karya tulis.

Sebelumnya, Kemdikbud RI sudah memilih 15 finalis peraih nilai tertinggi dari masing-masing 9 bidang studi melalui ujian online di tingkat provinsi. Bidang studi yang dilombakan pada tahun ini yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Bahasa Jepang, dan Program Kebutuhan Khusus (SLB).(*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved