IDI Wilayah Aceh Bersama IKABI Aceh Sunat 150 Anak Kurang Mampu

katan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh bersama dengan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) Wilayah Aceh menyelenggarankan sunatan massal di Alfayat

IDI Wilayah Aceh Bersama IKABI Aceh Sunat 150 Anak Kurang Mampu
SERAMBINEWS.COM/JALIMIN
Proses sunatan massal yang digelar IDI Wilayah Aceh bersama IKABI Wilayah Aceh, di Klinik Alfayat, Gampong Neusu, Kota Banda Aceh, Rabu (1/4/2019). 

IDI dan IKABI Aceh Sunat 150 Anak Kurang Mampu 

Laporan Jalimin | Banda Aceh

 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh bersama dengan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) Wilayah Aceh menyelenggarankan sunatan massal yang dipusatkan di Klinik Alfayat, Neusu Jaya, Kota Banda Aceh, Rabu (1/5/2019).  Sunatan masal dengan tema Program Sunatan Massal “Koh Lolo” itu dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriah.

 

Baca: Meugang di Abdya Jatuh Hari Sabtu, Ratusan Ternak Kerbau dan Sapi Disembelih 

Baca: KIP Aceh Barat Rekap Suara Pemilu, Dikawal Ketat Aparat

Baca: Sambut Hari Buruh, Mahasiswa Gelar Aksi di Lhokseumawe

Ketua IKABI Wilayah Aceh, Dr Muslim SpB KBD mengatakan, program suanatan massal ini sebagai wujud bakti para dokter bedah kepada masyarakat dalam meningkatkan kesehatan anak dan sebagai ibadah menjalani sunnah rasul.  Suanatan massal ini digelar untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam menjalankan sunat rasul bagi anak-anak Aceh yang sudah memasuki usia untuk sunat rasul.

Kepala Klinik Alfayat Kota Banda Aceh, DR Dr Imam Hidayat SpBS sebagai tuan rumah pelaksanaan program sunatan massal mengatakan, pentingnya sunatan bagi anak-anak dalam upaya menjaga kesehatan reproduksi anak.  

Sementara itu,  Ketua IDI Wilayah Aceh, DR Dr Safrizal Rahman MKes SpOT mengatakan, sunatan massal ini diikuti lebih dari 150 anak yang berasal dari Kota  Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Kabupaten Pidie Jaya.

Safrizal Rahman mengatakan, sunatan massal ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar oleh IDI Wilayah Aceh yang ditujukan bagi masyarakat kurang mampu di seluruh Aceh sebagai bentuk kepedulian para dokter untuk masyarakat. Dan program sunatal massal itu akan terus dilakukan setiap tahun untuk melakukan kebaikan bagi sesasama.

Safrizal juga memaparkan beberapa manfaat sunat rasul diantaranya membuat anak-anak lebih mudah untuk mencuci dan membersihkan bagian saluran kemih serta dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih serta banyak manfaat kesehatan lainnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir Darwati A Gani yang menyempatkan diri untuk malihat dan berkomunikasi dengan anak-anak yang menjalani proses sunatan masal di lantai 3 klinik Alfayat Neusu. Di lantai 3 itu, terdapat sekitar 15 tempat tidur pasien yang disiapkan untuk proses sunat bagi 150 lebih peserta yang sudah mendaftar dan selesai hingga petang hari.

Salah peserta, Ahmad Husein (9) dengan nomor antrian 24 mengaku senang dan tidak takut mengikuti sunatan massal ini. “Nggak takut, malah pingin cepat disunat biar bisa shalat jamaah di shaf paling depan,” ucap murid kelas 3 SD ini.

Sementara peserta lainnya, Naufal (14) yang mengaku senang mengikuti proses sunat bersama program 'Koh Lolo' ini. “Seneng bisa disunat gratis, apalagi dapat kain sarung,” katanya sambil tertawa.  

Para peserta khitanan massal, selain tanpa dipungut biaya, mereka juga mendapatkan bingkisan dari panitia seperti kain sarung, makanan ringan dan permen.(*)

Lebih 150 anak-anak menjalani sunatan massal yang digelar oleh IDI Wilayah Aceh bersama IKABI Aceh di Klinik Alfayat, Gampong Neusu, Banda Aceh, Rabu (1/5/2019)
Lebih 150 anak-anak menjalani sunatan massal yang digelar oleh IDI Wilayah Aceh bersama IKABI Aceh di Klinik Alfayat, Gampong Neusu, Banda Aceh, Rabu (1/5/2019) (SERAMBINEWS.COM/JALIMIN)
Penulis: Jalimin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved