Cerpen

Merindukan Purnama

PADA sore berkabut, dia menuruni Sungai Kuranji dengan terbungkuk

Karya Farizal Sikumbang

PADA sore berkabut, dia menuruni Sungai Kuranji dengan terbungkuk. Pinggangnya yang seminggu belakangan ini sakit,sesekali dielusnya. Jalan menuju ke bawah sungai hanyalah setapak. Berkelok dan sedikit menanjak. Sangat hati-hati dia menuruni jalan itu. Dia tidak ingin terpeleset lalu jatuh ke sungai. Terlihat tangan kanannya menjinjing baskomkecil tempat dia akan membawa air.

Mata air sungai yang akan diambilnya itu berjarak hanya beberapa meter dari  lereng ujung jalan di bawah sungai. Tatkala sudah berada di bawah sungai, dia  langsung duduk didepan mata air itu. Dijulurkan dua tangannya ke dalam kolam kecil tempat mata air mengalir. Diangkat dan diminum air yang berada di dua telapak tangannya. Dahaga yang dirasakannya setelah menyantap sepiring nasi telah terlunaskan. Ya, dia lupa bahwa persediaan air minumnya sudah habis. Dia baru menyadarinya seusai makan. Baginya sudah biasa meminum air tanpa dimasak dari mata air itu.

Di langit kabut masih berputar. Di bawah angin menarik-narik ilalang yang tumbuh bersemak mengitari Sungai Kuranji. Dibelakangnya,air sungai mengalir dengan deras. Dia mulai memasukan air ke dalam baskom kecilnya dengan gayung yang selalu disimpannya di dekat mata air.

Seseorang, entah siapa, di atas tebing mendonggakan kepalanya. Ia seorang laki-laki.

“Hoi Mak, cepatlah naik, tidakkah Mak lihat langit berkabut. Nanti air besar datang!,” seru orang di atas tebing.

Dia menengadahkan kepala. Dia melihat siapa yang bersorak. Laki-laki berkepala botak. Berbaju hitam.Dan dia mencibir.

“Hih, sudah lama aku makan nasi garam, kau mengajariku pula, tahulah aku segala makna,” jawabnya pelan. Dia terus saja memasukan air ke dalam baskom. Dia tidak peduli pada laki-laki itu.

Dia kembali menengadahkan kepala, mencoba menemukan laki-laki tadi, tapi dia tidak lagi melihatnya.

***

Halaman
1234
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved