Breaking News:

Waspadalah! 5 Masalah Kesehatan yang Sering Timbul Saat Lebaran, Makanan Berpengaruh

Sebaiknya, Anda mengontrol pola dan porsi makan. Jika tidak, berikut lima masalah yang bisa menimpamu saat atau usai Lebaran:

Editor: Amirullah

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Lebaran tinggal menghitung hari. Suguhan lezat khas Hari Raya, semisal opor ayam, sambal goreng ati, rendang, hingga lontong sayur, sudah mulai terbayang.

Sebagian orang tidak ingin melewatkan nikmatnya hari kemenangan tersebut. Tak jarang, mereka jadi kalap dan beberapa keluhan kesehatan pun menghampiri.

Anda perlu waspada terhadap hidangan yang sering kali disajikan saat lebaran. Seringkali, makanan tersebut mengandung minyak, santan, dan gula yang dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Baca: Kapan Hari Raya Idul Fitri? Besok Kemenag Aceh akan Pantau Hilal Syawal 1439 H di 7 Lokasi Ini

Baca: Melihat Awal Syawal 1439 Hijriah, Ini Daftar Lokasi Rukyatul Hilal

Sebaiknya, Anda mengontrol pola dan porsi makan. Jika tidak, berikut lima masalah yang bisa menimpamu saat atau usai Lebaran:

1. Maag

Penderita maag memang wajib berhati-hati untuk mengatur pola makannya. Terlebih, pola makan kita berubah saat menjalani puasa dalam 30 hari ke belakang.

Terkadang, penderita maag lupa tak bisa menahan untuj menyantap segala hidangan yang tersedia di meja makan, termasuk makanan yang pedas, panas, berminyak dan bersantan.

Menyicipi makanan tersebut boleh saja. Tapi ingat, Anda perlu mengatur porsi dan waktu makan Anda dengan baik.

Gejalan sakit maag bisa dirasakan melalui sakit atau nyeri perut, sering bersendawa, nyeri pada lambung dna ulu hati, sering bersendawa, mual hingga muntah.

Baca: Doa dan Niat Puasa ke-29 hingga Pahala Puasanya, Simak Penjelasannya

2. Diare

Penyakit ini sering dijumpai saat lebaran, sebab makanan atau minuman yang Anda konsumsi terkontaminasi bakteri, virus atau parasit.

Gejala diare berupa kram perut, buang air besar dengan tinja yang encer, badan lemas, hingga demam.

Diare juga bisa menyebabkan kondisi serius ketika penderitanya mengalamk dehidrasi.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mencuci tangan sebelum makan, memisahkan makanan yang mentah dengan yang matang, memasak dengan menggunakan bahan yang segar, dan tidak terlalu lama membiarkan makanan terpapar udara terbuka dan sinar matahari.

Baca: Gus Yahya Kunjungi Israel, CEO AMI Group Beri Bukti Kutukan Kemenlu Palestina

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved