Jamaah Lansia Dapat Ajukan Percepatan Naik Haji, Begini Cara dan Syaratnya

Calon Jamaah Haji (CJH) kategori lanjut usia (lansia) dapat melakukan percepatan pemberangkatan sesuai prosedur dan regulasi.

Jamaah Lansia Dapat Ajukan Percepatan Naik Haji, Begini Cara dan Syaratnya
ANADOLU AGENCY/MUSTAFA CIFTCI
Jamaah Haji melaksanakan Tawaf, Kamis (9/8/2018). 

Jamaah Lansia Dapat Ajukan Percepatan Naik Haji, Begini Cara dan Syaratnya

 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Saat ini ada puluhan ribu calon jamaah haji asal Aceh masih dalam antrean supaya bisa segera menunaikan ibadah haji.

Sebagian di antaranya merupakan calon jamaah yang sudah lanjut usia (lansia).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Drs HM Daud Pakeh menyampaikan, bahwa untuk Calon Jamaah Haji (CJH) kategori lanjut usia (lansia) dapat melakukan percepatan pemberangkatan sesuai prosedur dan regulasi yang ada.

"Calon Jemaah Haji  yang masuk kategori lansia itu, tidak termasuk dalam kuota haji berhak lunas tahap I tahun berjalan, namun dapat mengajukan percepatan pemberangkatan disertai satu orang pendamping dengan persyaratan yang telah ditetapkan," ujar Daud Pakeh, didampingi Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H Samhudi SSi, Kamis (4/4/2O19).

DAUD PAKEH, Kakanwil Kemenag Aceh
DAUD PAKEH, Kakanwil Kemenag Aceh ()

Ia mengatakan, sesuai dengan Kepdirjen PHU Nomor 117 Tahun 2019, dijelaskan selain prosedur pelunasan BPIH, juga tentang kuota CJH, penggabungan, pemutasian, dan tentang lansia.

Pelunasan tahap I sedang berlangsung, sejak Selasa (19 Maret) sampai Senin (15 April). Sementara pelunasan tahap II sejak Selasa (30 April) hingga Jumat (10 Mei).

"Untuk jemaah lansia termasuk pada pelunasan tahap ke II, apabila hingga akhir pelunasan tahap I masih terdapat sisa kuota yang belum terpenuhi," lanjut Daud Pakeh.

Baca: Garuda Indonesia Siapkan Penerbangan 14 Pesawat Berbadan Lebar Sambut Musim Haji 2019

Baca: Musim Haji Tahun Ini, Seluruh CJH Aceh Ditempatkan di Wilayah Syisyah

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasir
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved