Fachrul Razi Salip Abdullah Puteh

Persaingan ketat calon anggota DPD RI asal Aceh saat ini terpusat pada urutan ketiga, keempat

Fachrul Razi Salip Abdullah Puteh
SERAMBINEWS.COM/IST
H Sudirman, H M Fadhil Rahmi Lc, Abdullah Puteh dan H Fachrul Razi MIP. 

* Suara Haji Uma Lampaui Setengah Juta

BANDA ACEH - Persaingan ketat calon anggota DPD RI asal Aceh saat ini terpusat pada urutan ketiga, keempat, dan kelima dengan perolehan suara sementara masing-masing kandidat tersebut beda-beda tipis. Posisi ketiga saat ini tidak lagi ditempati Abdullah Puteh (nomor urut 21) karena sudah disalip oleh Fachrul Razi MIP (26), sedangkan posisi kelima diduduki sementara oleh Hasanuddin Darjo (31).

Peringkat sementara itu berdasarkan data rekapitulasi suara sementara dari sumber terpercaya Serambi, Jumat (26/4). Berdasarkan rekapitulasi tadi malam, Fachrul Razi sudah menyalip (mendahului) Abdullah Puteh dengan perolehan suara sementara sebanyak 82.436 atau setara dengan 5,85 persen. Sedangkan Abdullah Puteh mengantongi 78.150 dengan persentase 5,54 persen.

Fachrul Razi yang sebelumnya berada di urutan keempat berhasil mendahului Abdullah Puteh dan merangsek naik ke posisi ketiga. Untuk sementara, Abdullah Puteh menjadi juru kunci pada urutan keempat, selisih suara mereka sekitar 4.286. Sedangkan untuk posisi kelima dibayang-bayangi oleh Hasanuddin Darjo (31) dengan perolehan suara sementara 63.808 atau sekitar 4,53 persen.

Untuk diketahui, dari setiap provinsi dan untuk setiap periode masa bakti hanya empat orang yang akan menjadi anggota DPD RI, demikian pula dari Aceh. Keempat anggota DPD itu akan berhak menjadi senator Aceh jika masuk dalam empat besar perolehan suara terbanyak setelah keluarnya hasil akhir rekapitulasi suara se-Aceh oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Perolehan suara sementara calon anggota DPD RI yang telah masuk melalui sistem sumber Serambi tersebut mencapai 1.570.553 atau setara dengan 44,55 persen dengan rincian suara sah 1.409.940 dan suara tidak sah sebanyak 160.613. Suara itu diinput dari 20 kabupaten/kota dengan persentase di tiap-tiap kabupaten masih di bawah 100 persen.

Posisi ketiga dan keempat perolehan suara sementara ini memang menarik untuk terus diikuti, karena bisa saja perolehan suara yang akan terus bertambah mengubah posisi perolehan suara masing-masing kandidat. Meski Fachrul Razi dan Abdullah Puteh sudah masuk dalam empat besar sementara, namun keduanya belum dalam kategori aman karena bisa saja disalip oleh calon pada urutan kelima dan keenam.

Sedangkan posisi pertama hingga saat ini masih dikuasai oleh calon bernomor urut 42, Sudirman yang akrab disapa Haji Uma. Petahana DPD ini mendapat simpati masyarakat Aceh yang luar biasa pada dalam pemilu 2019. Bagaimana tidak, perolehan suara sementara yang telah dikantongi pemeran Abu Yusniar dalam film komedi Eumpang Breuh ini mencapai setengah juta suara pemilih di Aceh.

Hingga kemarin tercatat, Haji Uma sudah mengantongi 573.123 suara atau setengah juta lebih sedikit dengan persentase 40,65 persen. Sedangkan posisi kedua masih ditempati calon nomor 35, yakni H M Fadhil Rahmi Lc dengan raihan 130.010 suara atau sekitar 9,36 persen. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved