Fenomena Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Begini Cara Cek Ulang Arah Kiblat

UNTUK kali kedua pada tahun ini, matahari tepat berada di atas Ka'bah, di Makkah, Arab Saudi. Tepatnya, pada Selasa (16/7/2019) siang waktu setempat

Fenomena Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Begini Cara Cek Ulang Arah Kiblat
Umat muslim berkeliling di sekitar Ka'bah di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (17/8). Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Mekkah di Arab Saudi untuk ibadah haji tahunan, salah satu dari lima rukun Islam. AFP/ AHMAD AL-RUBAYE 

Fenomena Matahari Tepat di Atas Ka'bah, Begini Cara Cek Ulang Arah Kiblat

Bayangan alat dari sinar matahari yang posisinya sedang di atas Ka'bah atau sebaliknya di lokasi yang tepat berkebalikan dengan Ka'bah di bola Bumi, dapat menjadi sarana kalibrasi alias cek ulang arah kiblat. 

UNTUK kali kedua pada tahun ini, matahari tepat berada di atas Ka'bah, di Makkah, Arab Saudi. Tepatnya, pada Selasa (16/7/2019) siang waktu setempat. 

Dengan posisi matahari ini, umat Islam dapat menggunakannya untuk memeriksa ulang ketepatan arah kiblat untuk shalat sehari-hari.

Peristiwa ini terkait upaya penentuan arah kiblat dikenal dengan sebutan Istiwa A'zam.

Baca: Kapolres Aceh Singkil Pastikan Pelaku Penembakan di Pesta Pernikahan Diproses Hukum

Situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pada 2019 ada dua waktu matahari akan berada tepat di atas Ka'bah.

Sayangnya, kedua waktu tersebut terjadi saat wilayah Indonesia yang menggunakan satuan Waktu Indonesia Tengah (Wita) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) sudah di rembang petang.

Solusinya, BMKG menyebut ada dua waktu lain yang juga bisa dipakai untuk melakukan kalibrasi arah kiblat, menggunakan waktu matahari di atas lokasi yang tepat berada di posisi kebalikan (antipodal) posisi Ka'bah di bola Bumi. 

Waktu dan Cara Kalibrasi Arah Kiblat

SEBAGAIMANA penjelasan dari situs BMKG di atas, ada dua waktu matahari tepat berada di atas Ka'bah dan ada dua waktu lain matahari berada tepat berada di lokasi kebalikan Ka'bah di bola Bumi.

Baca: Gempa 7,2 Maluku Utara - Warga Labuha Lari Menyelamatkan Diri, Mengungsi dan belum Berani Pulang

Halaman
1234
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved