Ali Basrah Raih Suara Terbanyak, Hasil Akhir Perolehan Suara DPRA

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, telah menetapkan perolehan kursi partai politik dan 81 calon anggota DPRA lengkap

Ali Basrah Raih Suara Terbanyak, Hasil Akhir Perolehan Suara DPRA
FOR SERAMBINEWS.COM
Ali Basrah, peraih suara terbanyak DPRA pada Pemilu 2019 

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, telah menetapkan perolehan kursi partai politik dan 81 calon anggota DPRA lengkap dengan jumlah perolehan suara. Dari hasil akhir itu, muncul satu nama calon anggota DPRA yang berhasil meraih suara terbanyak anggota DPRA Pemilu 2019.

Adalah H Ali Basrah SPd MM, caleg DPRA Partai Golkar dari daerah pemilihan (dapil) 8, Aceh Tenggara dan Gayo Lues. Dari hasil akhir KIP Aceh, mantan Wakil Bupati Aceh Tenggara periode 2012-2017 ini berhasil mengantongi 25.314 suara.

Raihan suara Ali Basrah kali ini menggeser prestasi Partai Aceh atau partai lokal yang setiap kali pemilu menyabet perolehan suara tertinggi. Ali Basrah caleg dari partai nasional yang berhasil membuat prestasi baru.

Ali Basrah adalah mantan Wakil Bupati Aceh Tenggara periode 2012-2017 yang saat itu berpasangan dengan Ir H Hasanuddin Broeh MM. Jauh sebelumnya, ia juga mantan kepala Dinas Pendidikan Aceh Tenggara yang pernah menjabat selama delapan tahun.

Pada Pilkada 2017 lalu, Ali Basrah sempat mencoba peruntungan dengan maju sebagai calon bupati Aceh Tenggara berpasangan dengan Denny Febrian Roza. Namun, Ali Basrah harus mengakui keunggulan rivalnya, Drs Raidin Pinim MAP-Bukhari yang meraih total 62.773 suara. Sedangkan Ali Basrah-Denny Febrian Roza saat itu hanya mampu meraih 55.549 suara.

"Waktu Pilkada 2017 alhamdulillah kita dapat setengah dari total suara sah, tapi kita di urutan nomor dua hasilnya. Alhamdulillah Pemilu 2019 kali ini untuk DPRA, kita raih suara terbanyak. Saya benar-benar tidak menyangka hal ini," katanya.

Ali mengaku terkejut dengan hasil akhir pleno yang dilakukan KIP Aceh. Dia sama sekali tak menyangka bisa mendapat suara sebanyak itu dan terbanyak di antara caleg-caleg yang lain. "Saya nggak nyangka sama sekali, kemarin saya sempat terharu hingga menetes air mata saat mengetahui hasil akhir pleno ini," katanya.

Politisi Partai Golkar ini berterima kasih kepada semua konstituennya, baik yang di Aceh Tenggara maupun di Gayo Lues. "Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya, alhamdulillah saya sudah dipercaya. Tentu ini amanah besar diberikan kepada saya untuk lima tahun ke depan," katanya.

Ali Basrah tak muluk-muluk, dia berharap mampu merealisasi semua visi dan misinya selama duduk di kursi dewan lima tahun ke depan. "Saya mohon doa dan dukungan, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat Aceh umumnya, dan khususnya di dapil delapan," pungkasnya.

Adapun dua caleg Partai Aceh yang membayang-bayangi Ali Basrah dalam perolehan suara adalah Azhar Abdurrahman dari dapil 10 pada urutan kedua dengan total raihan 24.425 suara. Pada posisi ketiga ada Saifuddin Yahya atau Pak Cek caleg dari dapil 1 dengan raihan suara 23.474 suara.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved