Jurnalisme Warga

Pesona Pantai Pasir Putih Lhok Bubon

KABUPATEN Aceh Barat yang terdiri atas 12 kecamatan, sepertiganya berada di pesisir pantai. Salah satu desa yang berada di pesisir pantai

Pesona Pantai Pasir Putih Lhok Bubon
IST
MUKHSINUDDIN, S.Ag., M.M., Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Unsyiah Banda Aceh dan Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh, melaporkan dari Pantai Lhok Bubon, Aceh Barat

MUKHSINUDDIN, S.Ag., M.M., Mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen Unsyiah  Banda Aceh  dan Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chapter Meulaboh, melaporkan dari Pantai  Lhok Bubon, Aceh Barat

KABUPATEN Aceh Barat yang terdiri atas 12 kecamatan, sepertiganya berada di pesisir  pantai.  Salah satu desa yang berada di pesisir  pantai adalah Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga.  Desa ini terkenal sejak dahulu karena ada kapal dagang Belanda yang tenggelam di Ujong Pasir Lhok Bubon. Selain itu, pernah juga dua perahu yang mengangkut serdadu Belanda ditenggelamkan oleh pejuang Aceh yang menyamar sebagai nelayan dan seolah-olah ingin menunjukkan tempat persembunyian para pejuang Aceh.

Pratsunami 2004, Lhok Bubon semula berada di bibir pantai. Tapi akibat hantaman tsunami, banyak dusun di desa ini yang tergerus dan menjadi bagian dari laut. Saat tsunami lebih dari separuh penduduknya meninggal. Satu-satunya yang tersisa adalah sebuah masjid bernama Masjid Teuku Umar.

Takdir Tuhan menghendaki, keganasan tsunami tidak sampai meluluhlantakkan Masjid Teuku Umar Lhok Bubon yang terletak persis di bibir pantai itu.  Inilah kuasa Allah di balik kisah gempa dan tsunami 2004 yang banyak meluluhlantakkan permukiman warga di Aceh.

Waktu tsunami ada sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara yang terdampar di pantai itu  dan tidak bisa dievakuasi lagi sehingga bangkai kapal itu masih berada di pantai Lhok Bubon.

Di luar kisah tsunami yang menyisakan luka mendalam, Lhok Bubon sebetulnya merupakan salah satu kawasan pesisir yang pasirnya begitu indah. Putih berkilau.

Pantai Lhok Bubon saat ini sudah seperti dulu lagi setelah dilakukan recovery  keindahan alamnya. Selain merupakan tempat tujuan wisata, lokasi ini menjadi lahan penambahan ekonomi bagi masyarakatnya. Desa pesisir ini juga menjadi andalan para pengunjung untuk menghabiskan waktu berlibur bersama kerabat, handai tolan, dan orang-orang yang dikasihi. 

Penduduk Lhok Bubon kini lebih kurang 270 jiwa. Desa ini dapat dicapai sekitar 30  menit perjalanan darat dari Meulaboh, ibu kota Kabupaten Aceh Barat.

Pantai Lhok Bubon kini menjadi salah satu objek wisata yang cukup banyak diminati para wisatawan, terutama pada hari weekend atau hari libur nasional. Di pantai ini para pengunjung dapat menikmati panorama alam yang begitu indah dan kawasannya teduh karena ditumbuhi banyak pohon.

Pantai ini juga terkenal wisata kulinernya, yakni ikan laut yang segar, hasil tangkapan setiap hari, kecuali hari Jumat karena seluruh nelayan Aceh pantang melaut pada hari itu. Bagi penyuka ikan bakar segar, Pantai Lhok Bubon memang tempat yang tepat.

Halaman
123
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved