Berita Aceh Besar

Pemkab Aceh Besar Peringati 1 Muharram 1441 Hijriah di Montasik

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah. di Masjid Al Jihad, Gampong Lampaseh

Pemkab Aceh Besar Peringati 1 Muharram 1441 Hijriah di Montasik
HUMAS PEMKAB ACEH BESAR
Suasana peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah yang digelar Pemkab Aceh Besar, di Masjid Al Jihad, Gampong Lampaseh Lhok, Kecamatan Montasik, Sabtu (31/8/2019) malam. 

Pemkab Aceh Besar Peringati 1 Muharram 1441 Hijriah di Montasik 

Laporan Jalimin | Aceh Besar 

SERAMBINEWS.COM, KOTA JANTHO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar peringatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah. di Masjid Al Jihad, Gampong Lampaseh Lhok, Kecamatan Montasik, Sabtu (31/8/2019) malam.

Momentum peringatan tahun baru hijriah tersebut digelar Pemkab Aceh Besar melalui Dinas Syari'at Islam menghadirkan penceramah Pimpinan Pesantren Babul Maghfirah Cot Keueng, Aceh Besar, Ustad Masrul Aidi Lc.

Selain dihadiri ratusan masyarakat Montasik yang ikut mendengarkan ceramah tersebut, juga turut hadir unsur Forkopimda, Plh Sekdakab Aceh Besar, Abdullah SSos dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat di Aceh Besar serta Muspika Montasik.

Dalam sambutannya Plh Sekdakab, Abdullah menyampaikan bahwa tahun baru hijriah ini dapat dijadikan momentum untuk menghijrahkan diri dan masyarakat pada hal yang lebih baik pada tahun-tahun yang akan datang.

Senator Aceh, Apresiasi Pemerintah Aceh dan Ismail Rasyid Bangun KIA Ladong

Ini Agenda Lengkap Wapres Jusuf Kalla di Banda Aceh Besok

Pantai Peunaga Pasi Aceh Barat Tercemar Batubara, Keuchik Minta Pihak Terkait Membersihkan

Menurutnya, Kondisi tantangan masa Rasulullah dengan masa sekarang ini berbeda, pada masa sekarang ini krisis moral dan kemorosotan nilai-nilai agama dalam kehidupan masyarakat semakin memprihatinkan.

Melalui peringatan tahun Islam ini yang diperlukan saat ini adalah hijrah mental dengan menumbuh kembangkan sikap disiplin memperbaiki diri sehingga menjadi hamba yang di cintai Allah SWT.

"Kalau kita memaknai hijrah itu, mari tinggalkan yang tidak baik, dan buka lembaran baru yang baik baik. Menyangkut penerintahan semua kita evaluasi supaya kedepannya seluruh kegiatan yang kita lakukan harus lebih baik lagi di Kabupaten Aceh Besar," ujar Plh Setdakab Aceh Besar yang juga Asisten I Setdakab Aceh Besar.

Selain itu juga, dalam upaya pelaksanaan syariat Islam di Kabupaten Aceh Besar tidak hanya peringatan tahun baru Islam saja, juga kegiatan kegiatan lain yang bernuansa Islami dengan tujuannya tidak lain adalah dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Besar dibawah pimpinan Mawardi Ali dan Waled Husaini A Wahab menjadikan Aceh Besar sejahtera dalam bingkai syariah Islam.

Terkait Pembakaran Rumah Wartawan, Nezar Patria Usul Bentuk Tim Investigasi dan Lapor ke Dewan Pers

Keny, Finalis Putri Indonesia Tahun 2019 yang Jago Menjahit Baju

Galacticos Peusangan Raya akan Boyong 24 Pemain ke Gayo Lues, Hadapi Babak 12 Besar Liga 3

Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Tausiah 1 Muharram 1441 H oleh Ustad Masrul Aidi, dalam ceramahnya dihadapan masyarakat Kecamatan Montasik, ia mengajak ummat Islam melalui tahun baru hijriah ini agar umat Islam dapat lebih mencintai budaya nya sendiri yaitu budaya Islam.

Menurutnya, masyarakat Aceh saat ini sudah kurang mencintai budayanya sendiri dan sudah beralih menyukai budaya yang tidak Islami. "Kemana pun kita pergi, budaya sendiri itu dibawa, jangan malah memasukkan budaya luar dalam diri kita," ujarnya

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar Muhajir SSTP MPA mengatakan, pelaksanaan peringatan tahun baru Islam ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang digilir ke 23 Kecamatan, selain itu juga momentum peringatan tahun baru Islam ini juga di peringati oleh setiap kecamatan.

"Tahun sebelumnya peringatan tahun baru Islam 1440 H digelar di Masjid Abu Indrapuri kecamatan Indrapuri, kemdian tahun 1441 digelar di Masjid Al Jihad Kecamatan Montasik, dan tahun depan kena giliran kecamatan lainnya," ungkapnya.

Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas, dimana dengan luasnya kabupaten Aceh Besar tidak setiap tahun dilakukan terpusat di ibu kota kabupaten, tapi sengaja dibuat di kecamatan-kecamatan supaya disamping untuk menyambung silaturahim dengan masyarakat, tokoh ulama, tokoh pemuda, juga antara Pemkab dengan masyarakat dapat menjadi lebih akrap dan mempererat silaturahim.(*)

Wali Kota Aminullah Lepas Ribuan Peserta Pawai 1 Muharam di Blangpadang

Sore Ini, Lambaro Sukon FC Tantang Pion FC di Lapangan Bola Mako Lanud SIM Blangbintang

Pencurian Ban dan Pelak Mobil Terjadi Lagi di Bireuen, Kali Ini Menimpa Mobil Perawat

Penulis: Jalimin
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved