Dosen Unsyiah Tersangka

Rektor: Beda Kebebasan Akademik dan Hoaks

“Beda kebebasan akademik dengan fitnah dan hoaks. Itu bukan kebebasan akademik, bukan hasil pemikiran, karena itu menuduh,” tandas Samsul Rizal.

Rektor: Beda Kebebasan Akademik dan Hoaks
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng, saat menjawab pertanyaan awak media terkait kasus Dosen FMIPA Dr Saiful Mahdi seusai pelaksanaan peringatan milad ke-58 Unsyiah di kampus tersebut, Senin (2/9/2019). 

Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng yang dikonfirmasi awak media seusai peringatan Milad Ke-58 kampus itu, Senin (2/9), mengatakan, kasus itu sebenarnya sudah lama ditangani oleh pihak Senat Unsyiah. Namun untuk saat ini, tukas Prof Samsul, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus itu kepada pihak kepolisian.

Rektor mengungkapkan, dari hasil putusan sidang Senat Unsyiah, Saiful Mahdi diminta untuk meminta maaf. “Setiap orang punya kesalahan, Nabi juga menganjurkan kita meminta maaf. Senat sudah sidang dan memutuskan meminta agar yang bersangkutan minta maaf, tapi sampai hari ini belum,” ujarnya.

Baca: Saiful Mahdi Diperiksa 5 Jam, Sebagai Tersangka Kasus Pencemaran Nama Baik

Baca: Ini Postingan Dosen Unsyiah Saiful Mahdi yang Dikenakan Delik Pencemaran Nama Baik  

Baca: Terkait Kasus Dosen Saiful Mahdi, Begini Tanggapan Rektor Unsyiah

Secara etis sebagaimana putusan Senat Unsyiah, ulasnya, Saiful Mahdi dianggap bersalah terkait pernyataannya dalam grup WhatsApp tersebut. Bahkan, sebut Rektor, apa yang dilakukan oleh Saiful Mahdi bukanlah kebebasan akademik. “Beda kebebasan akademik dengan fitnah dan hoaks. Itu bukan kebebasan akademik, bukan hasil pemikiran, karena itu menuduh,” tandas Samsul Rizal.

Menurutnya, kebebasan akademik siapa pun bebas menyuarakan itu, tidak ada larangan. “Memfitnah orang bersalah nggak ada dalam Islam. Kalian baca, fitnah apa bukan, tidak ada kebebasan akademik, itu bukan kebebasan akademik,” tegas Rektor Unsyiah.(dan)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved