Berita Aceh Utara

Angin Puting Beliung Terjang Kawasan Pesisir Aceh Utara, Ini Jumah Rumah yang Rusak

“Angin tersebut terjadi ketika warga hendak dan sedang melaksanakan shalat magrib,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara

Angin Puting Beliung Terjang Kawasan Pesisir Aceh Utara, Ini Jumah Rumah yang Rusak
FOR SERAMBINEWS.COM
Atap rumah warga berserakan di tambak warga kawasan Kecamatan Lapang Aceh Utara setelah kawasan itu diterjang angin puting beliung 

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM, LHOKSUKON – Angin puting beliung kembali menerjang kawasan Aceh Utara sehingga menyebabkan bangunan rusak.

Kali ini bencana karena angin tersebut terjadi di Kecamatan Seunuddon dan Lapang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah kepada Serambinews.com, Kamis (5/9/2019) menyebutkan, akibat kejadian tersebut puluhan bangunan rusak di Kecamatan Lapang, yaitu di Desa Matang Tunong, Matang Baroh, Keude Lapang dan desa lainnya.

Sedangkan di Kecamatan Seunuddon angin tersebut menerjang kawasan Desa Ulee Rubek Barat dan Meunasah Sagoe serta sejumlah desa lainnya.

“Angin tersebut terjadi ketika warga hendak dan sedang melaksanakan shalat magrib,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara.

Baca: Bekas Mobil Bupati Abdya Dilelang, Ini Prediksi Harga

Disebutkan, pada Kamis (5/9/2019) pihaknya sudah melaksanakan patroli dan pendataan ulang indentitas korban bencana alam yang disebabkan angin putting beliung di Kecamatan Seunuddon.

Ternyata selain rumah rusak, dua  tiang listri tumbang, tapi sekarang sudah diperbaiki, sehingga listrik sudah mulai normal.

Namun, dalam kejadian tersebut tak ada warga mengungsi, karena setelah kejadian tersebut warga yang tak bisa menempati lagi rumahnya mengungsi ke rumah tetangga dan ke rumah saudaranya.

“Hasil pendataan sementara ada sekitar 27 rumah dan ruko yang rusak akibat angin tersebut,” katanya.

Baca: Kodim Aceh Singkil Gelar Komsos, Antisiapasi Paham Radikalisme

Informasi lain yang diperoleh Serambinews.com, selain rumah dan ruko, bangunan lain seperti tempat usaha garam di Kecamatan Lapang.

Kemudian gerobak warga rusak parah setelah diterjang angin tersebut.

“Belum pernah kawasan terjadi angin sekencang ini,” ujar Dahlan warga Kecamatan Lapang kepada Serambinews.com.

Saat kejadian tersebut tak ada warga yang berani keluar rumah, apalagi saat kejadian selain hujan deras juga lampu padam.

“Kami menjadi ketakutan dalam rumah,” ujar Dahlan.(*) 

Baca: Waspada! 6 Kecamatan di Aceh Selatan Beresiko Tinggi Karhutla,Termasuk Bakongan Raya dan Trumon Raya

Penulis: Jafaruddin
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved