Berita Banda Aceh

Suhu di Banda Aceh dan Aceh Besar Capai 36 Derajat, Begini Penjelasan BMKG

“Saat ini suhu antara 34 sampai 36,4 derajat, ini memang lagi puncak musim kemarau menuju ke masa peralihan, dari musim kemarau ke musim hujan,”

Suhu di Banda Aceh dan Aceh Besar Capai 36 Derajat, Begini Penjelasan BMKG
FOTO Ilustrasi - Sawah milik petani kekeringan dikawasan Mane Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Kamis (27/7/2017). Sejak sepekan beberapa areal sawah dalam kota Lhokseumawe mengalami kekerigan sehingga membuat petani tidak bisa menanam. SERAMBI/ZAKI MUBARAK 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Cuaca panas sedang terjadi di berbagai wilayah di Aceh sejak sepekan terakhir.

Untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, suhu panas dalam dua hari terakhir mencapai 36,4 derajat celcius. Ini termasuk suhu panas tertinggi.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, Zakaria mengatakan, suhu panas ini terjadi karena saat ini sedang masa pancaroba atau peralihan.

“Saat ini suhu antara 34 sampai 36,4 derajat, ini memang lagi puncak musim kemarau menuju ke masa peralihan, dari musim kemarau ke musim hujan,” kata Zakaria kepada Serambinews.com, Sabtu (7/9/2019).

Baca: Tim PKM Unsyiah dan Universitas Serambi Mekkah Serahkan Alat Penyulingan Minyak Kepada Kelompok Tani

Baca: Ini Identitas Pelaku Pencurian dengan Membobol Mobil, Diburu di Takengon Tertangkap di Meulaboh

Baca: Oknum Pegawai Pengadilan Agama Terciduk Berduaan Dalam Mobil, Tancap Gas hingga Terguling Masuk Got

Dia menyebutkan, kondisi panas ini akan terus berlangsung hingga awal atau pertengahan bulan Oktober mendatang.

“Perkiraan kita ya nanti pertengahan bulan 10 akan ada hujan, tapi itu pun tidak langsung hujan terus menerus. Bulan 11 diprediksi baru ada hujan terus menerus,” kata Zakaria.

Selain suhu panas, BMKG juga mencatat, dalam dua hari ke depan, juga akan disertai angin kencang, khusus di Banda Aceh dan Aceh Besar bagian ujung.

“Untuk Banda Aceh dan Aceh Besar bagian ujung, kawasan laut terutama. Kemudian dari Aceh Jaya, Sabang atau pulau di selatan Aceh, termasuk Pulau Aceh, Krueng Raya, Blangbintang, ini akan terjadi angin kecang, kecepatan angin 10 sampai 30 km per jam,” pungkas Zakaria. (*)

Penulis: Subur Dani
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved