Setelah Papua, Jokowi Juga Diminta Bangun Istana di Aceh

Kalau bisa jangan hanya istana Papua, Istana Kalimantan, Istana Aceh dan istana-istana lainnya agar kita semakin dekat

Setelah Papua, Jokowi Juga Diminta Bangun Istana di Aceh
(Biro pers setpres)
Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan ikut mendampingi Presiden Joko Widodo saat bertemu tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/9/2019). 

Setelah Papua, Jokowi Juga Diminta Bangun Istana di Aceh

SERAMBINEWS.COM - Presiden Jokowi diminta banyak membangun istana di berbagai daerah. Bukan hanya Istana Bogor di pulau Jawa, namun bisa Istana Papua, Istana Kalimantan, Istana Aceh dan istana-istana lainnya.

"Polemik Papua sebenarnya hanya karena kita kurang dekat. Papua seperti jauh di seberang timur, Aceh terlihat jauh di seberang barat. Karena istana presiden hanya ada di pulau Jawa yakni Istana Bogor," kata Ketua Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri (FKPPI) Jawa Timur, Gatot Sudjito, Kamis (12/9/2019).

Karena itu dia sangat mendukung jika Presiden Jokowi berencana membangun istana di Papua.

"Kalau bisa jangan hanya istana Papua, Istana Kalimantan, Istana Aceh dan istana-istana lainnya agar kita semakin dekat," jelasnya.

Esensi kebhinekaan bangsa Indonesia, kata dia, adalah kesetaraan dan kesamaan hak dalam memperoleh layanan, meski bangsa Indonesia ini berada di berbagai kultur daerah seperti di pegunungan, perkotaan, hutan dan pantai.

Bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Ini 9 Tuntutan Tokoh Papua

Jokowi dan Janji-janjinya untuk Papua, Bangun Istana Presiden hingga Pemekaran Wilayah

Sikapi Wacana Pembangunan Istana Presiden di Papua, Begini Respons Natalius Pigai

Sebelum Bangun Istana Presiden di Papua, Jokowi Bisik-bisik Dulu ke Para Menteri, Takut Tak Ada Dana

Sebelumnya, Presiden Jokowi berjanji akan membangun Istana Presiden di Jayapura, ibu kota Papua, mulai tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat menerima 61 tokoh Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (10/9) siang. Dalam pertemuan ini, hadir 61 tokoh Papua yang terdiri dari pejabat daerah, tokoh adat, tokoh agama, hingga para mahasiswa.

Tokoh Papua yang juga Ketua DPRD Jayapura Abisai Rollo meminta Presiden tidak khawatir mengenai ketersediaan lahan. Sebab, ia mengaku siap menyumbangkan lahannya seluas 10 hektare untuk membangun Istana di Jayapura.

Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, rencana pembangunan Istana Kepresidenan di Papua tak perlu persetujuan DPR. Menurut dia, suatu hal yang wajar jika Istana Presiden dibangun di tiap-tiap ibu kota provinsi.

Halaman
12
Editor: Yocerizal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved