Breaking News:

Berita Nagan Raya

Keuchik dan Tuha Peut Dilatih Tentang Kelembagaan Terkait Pelestarian Adat

Semua lapisan masyarakat diharapkan mampu menjaga dan melestarikan adat budaya melalui kelembagaan adat yang ada nantinya.

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Taufik Hidayat
Dok: Humas Nagan Raya
Para tuha peut dan keuchik mengikuti pelatihan kelembagaan adat yang berlangsung di Aula Kemenag Nagan Raya, Kamis (12/9/2019) di Komplek Perkantoran Suka Makmue. 

Laporan Sa’dul Bahri | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAMUE – Sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melaksanakan pelatihan tentang kelembagaan adat di wilayah itu dengan melibatkan keuchik dan Tuha Peut yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Nagan Raya, Kamis (12/9/2019).

Hal itu bertujuan agar semua lapisan masyarakat mampu menjaga dan melestarikan adat budaya melalui kelembagaan adat yang ada nantinya.

“Pembangunan bidang adat istiadat Aceh khususnya Kabupaten Nagan Raya, sebagai salah satu produk budaya bangsa dalam konteks peradaban global. Berlandaskan 4 pilar : pancasila, undang-undang 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, harus berorientasi “Matee Aneuk Meupat Jeurat Gadoeh Adat Pat Tamita” (mati anak ada kuburan, mati adat kemana di cari), sebagai Geist (jiwa) sprit budaya adat Aceh,” ungkap Wakil Bupati Nagan Raya Chalidin Oesman, Kamis (12/9/2019) saat membuka pelatihan kelembagaan adat tingkat kecamatan yang berlangsung di Aula Kemenag Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

Menurutnya, orientasi filosofis ini juga dalam rangka mendukung program bupati kabupaten Nagan Raya ”Agama Tapeukong Budaya Tajaga” dengan program Aceh damai dan Aceh meu adab.

Ketua MAA Nagan Raya Drs Syech Marhaban dalam laporannya mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 65 orang peserta yang terdiri dari 30 orang keuchik gampong dari Kecamatan Seunagan, Suka Makmue, Kuala dan Kecamatan Kuala Pesisir.

Selain itu ada 35 orang Ketua Tuha Peut gampong yang terdiri dari kecamatan yang sama.(*)

Baca: Maling Roda Mobil Beraksi Dini Hari, Meluas di Empat Kabupaten

Baca: Sosok Big Brother Bagi Xanana, BJ Habibie di Mata Rakyat Timor Leste

Baca: Jamaah Haji Aceh Kloter 10 Tiba Dinihari, Seorang Meninggal di Tanah Suci

Baca: Risky dan Sarah Dinobatkan Sebagai Putra Putri Pariwisata Nusantara Aceh 2019  

Baca: BPKS Sabang Terima Penghargaan dari Menkeu  

Baca: Malam Besok Pengurus Kadin Aceh Dilantik  

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved