Musim Penghujan

Aceh Masuk Musim Penghujan, Berikut Wilayah-wilayah yang Mendapat Curah Hujan Ringan Hingga Lebat

Menurutnya, hujan sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Aceh yang didera kemarau panjang. Kondisi panas bahkan membuat sumber-sumber air minum...

Aceh Masuk Musim Penghujan, Berikut Wilayah-wilayah yang Mendapat Curah Hujan Ringan Hingga Lebat
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM) Banda Aceh, Zakaria Ahmad Ah.MG SE memperlihatkan alat pengukur hujan di kantor tersebut, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Provinsi Aceh kini telah memasuki musim penghujan. Kondisi itu ditandai dengan posisi matahari yang sudah berada di sebelah selatan garis Khatulistiwa atau Samudra Hindia, di mana Indonesia sudah memasuki musim penghujan yang dimulai dari Aceh.

Terkini, hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar pada Rabu (2/10/2019) siang hingga sore.  

Informasi itu diungkapkan Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad SE, kepada Serambinews.com, Rabu (2/10/2019) malam. Dikatakan, pasokan uap air kini makin banyak sehingga terbentuk awan-awan hujan.

Selain itu, adanya konvergensi (penyatuan massa udara) dan belokan angin di atas wilayah Aceh, membuat penguapan air laut berkumpul di atmosfer dan membentuk awan-awan konvektif.

Baca: BMKG Aceh Imbau Masyarakat Tetap Waspada, Kecepatan Angin Bisa Meningkat Dua Kali Lipat

Baca: Cuaca Buruk, Anggota DPRA Meminta Pelayaran Simeulue ke Kuala Bubon Dialihkan ke Labuhan Haji

Baca: Gelombang Mencapai Tiga Meter, Pelayaran Sabang-Banda Aceh Dihentikan

“Kini Aceh sudah berada pada musim penghujan. Tentu saja, beberapa hari ke depan kita akan mengalami banyak hujan,” ujar Zakaria.

Menurutnya, hujan sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Aceh yang didera kemarau panjang. Kondisi panas bahkan membuat sumber-sumber air minum mengering.

Zakaria mengatakan, setiap wilayah di Aceh akan mendapat curah hujan berbeda baik intensitas ringan hingga lebat.

Disebutkan, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Simeulue, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Utara, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Timur, dan Aceh Tamiang.

“Sementara wilayah Pidie, Aceh Besar, Aceh Jaya, Sabang, dan Banda Aceh berpeluang terjadi hujan tidak merata. Namun demikian hujan yang turun tersebut kategori sedang,” jelasnya, seraya menyebut di Pidie Jaya akan turun hujan dengan intensitas ringan.   

Halaman
12
Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Eddy Fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved