Berita Aceh Selatan

Pemkab Aceh Selatan Diminta Siapkan SDM Sesuai dengan Potensi Daerah

Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Potensi Masyarakat Aceh (LP2MA) yang juga Ketua Ikatan Ahli Konstruksi Indonesia (IAKI) Provinsi Aceh, Said Alpeni ..

Pemkab Aceh Selatan Diminta Siapkan SDM Sesuai dengan Potensi Daerah
SERAMBINEWS.COM/TAUFIK ZASS
Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Potensi Masyarakat Aceh (LP2MA), Said Alpeni. 

Pemkab Aceh Selatan Diminta Siapkan SDM Sesuai dengan Potensi Daerah

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Ketua Umum Lembaga Pemberdayaan Potensi Masyarakat Aceh (LP2MA) yang juga Ketua Ikatan Ahli Konstruksi Indonesia (IAKI) Provinsi Aceh, Said Alpeni meminta Pemerintah Aceh Selatan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung pengembangan potensi sumber daya alam (SDA) Aceh Selatan.

"Seperti kita tahu, Aceh Selatan memiliki sumber daya alam yang melimpah disektor pertanian, perkebunan kelautan dan pariwisata. SDA tersebut harus bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk mewujudkan Aceh Selatan yang hebat," paparnya dalam pers rilis yang diterima Serambinews.com, Selasa (8/10/2019).

Salah satu yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan SDA di Aceh Selatan, tambahnya, adalah dengan cara menyiapkan SDM yang sesuai dengan potensi alamnya, hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan beasiswa pendidikan dan pelatihan dibidang pertanian perkebunan kelautan dan pariwisata.

"Selama ini anak-anak kita yang ingin melanjutkan pendidikan ditingkat perguruan tinggi lebih banyak memilih fakultas keguruan, kenapa? Ada beberapa faktor penyebab.

Pertama, memang memiliki keinginan, kedua karena adanya referensi dari kerabat dan kenalan. Ketiga, terbatasnya pemahaman bagi calon mahasiswa bahwa sarjana pertanian, kelautan dan sejenisnya itu sebenarnya juga berpeluang besar bekerja untuk mengembangkan SDA Aceh Selatan yang akhirnya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh Selatan," paparnya.

Tewas Diterkam Buaya di Malaysia, TKI Asal TTU Pulang Tinggal Potongan Tubuh

Mike Tyson Sebut Uang Jadi Salah Satu Penyebab Conor McGregor Tumbang

Umumkan Kebijakan Baru, Arab Saudi Beri Izin Pasangan Turis Tak Menikah Menginap di Satu Kamar Hotel

Maka untuk mendorong terciptanya SDM yang unggul berbasis potensi alam Aceh Selatan tersebut, lanjutnya, Pemkab Aceh Selatan perlu melakukan upaya seperti, menyediakan beasiswa kuliah baik tingkat S1 hingga S3 dan pelatihan-pelatihan dibidang yang sesuai dengan potensi alam Aceh Selatan.

"Selain itu, Pemerintah Aceh Selatan juga perlu mengajak invenstor untuk memberikan dukungan terhadap investasi pendidikan tinggi berbasis vokasional sesuai dengan sumberdaya yang melimpah di Aceh Selatan," sarannya.

Sehingga dengan demikian, tambah Said Alpeni, tidak perlu lagi putra-putri Aceh Selatan harus keluar daerah untuk mendapatkan pendidikan vokasional atau D3. Sebab di Aceh Selatan sudah ada Politeknik Aceh Selatan (Poltas) jadi perlu diperkuat agar bisa menjadi perguruan tinggi vokasional rujukan di Wilayah Barat Selatan Aceh.

Selain itu, tambahnya, juga harus ada jaminan agar mereka mendapatkan peluang dan kesempatan yang besar untuk bekerja sesuai dengan bidang ilmunya, agar ilmu yang mereka miliki sepenuhnya mengalir kedaerah, bukan justru dimanfaatkan oleh orang luar karena alasan tidak tersedianya lapangan pekerjaan di daerah kita sendiri.

"Jadi setelah lulus kuliah, anak-anak kita tidak lagi berpikir bahwa satu-satunya peluang kerja adalah menjadi guru honorer di sekolah-sekolah, tetapi harus lebih jauh dari itu, bahwa ada potensi alam di daerah yang perlu dikembangkan dan mereka mendapatkan jaminan serta kesempatan dari pemerintah untuk mengembangkan itu," pungkasnya.(*)

Video - Kelanjutan Kisruh PNA, Irwandi Gugat Tiyong Cs ke Pengadilan Negeri Banda Aceh

Demi Beli Mobil Rp 150 Juta, Seorang Ibu Tega Jual Anaknya yang Masih Berusia 2 Tahun

Tabrak Truk Semen, Dua Pemuda asal Batee Pidie Meninggal, Begini Kronologis Kejadiannya

Penulis: Taufik Zass
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved