Museum Langsa

Pembagian Brosur Sejarah Langsa kepada Masyarakat Warnai Peringatan Hari Museum Indonesia

Selain itu, ada berapa objek wisata di Langsa seperti Taman Hutan Kota, Hutan Manggrove, dan lainnya yang telah dikenal luas di Aceh maupun Sumut, In

Pembagian Brosur Sejarah Langsa kepada Masyarakat Warnai Peringatan Hari Museum Indonesia
SERAMBINEWS.COM/Dok. Dinas Pendidkan Langsa
Petugas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Langsa membagikan brosur sejarah Langsa kepada masyarakat di Jalan Protokol. 

Laporan Zubir I Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Langsa, Sabtu (12/10/2019) mensosialisasikan keberadaan Museum Kota Langsa dengan menggelar Sepekan Festival Museum.

Museum Kota Langsa ini telah diresmikan Januari 2019 lalu, oleh Wali Kota Langsa Tgk Usman Abdullah SE.

Museum yang dipenuhi koleksi berbagai barang peninggalan masa Kerajaan Aceh hingga zaman penajajahan Belanda ini, berada di jantung Kota Langsa, Jalan A yani (Jalan Protokol) persisnya depan Kantor Pos.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa Dra Suhartini MPd didampingi Kabid Pembinaan Ketenagaan Sudarto SPd mengatakan gerakan sosialisasi museum ini dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Museum Indonesia tahun 2019.

"Kegiatan kita lakukan ini sebagai perayaan ulang tahun museum di seluruh Indonesia, yang sekaligus bertujuan guna meningkatkan minat masyarakat mengenal apa itu museum," ujarnya.

PUPR Dituding tak Becus Tangani Jalan Peureulak-Lokop, DPRA Minta Gubernur Perhatian Pedalaman Aceh

Tgk Furqan Pimpin Badan Kemakmuran Masjid Babusshuluh Kemukiman Daroy Jeumpet

Tgk Furqan Pimpin Badan Kemakmuran Masjid Babusshuluh Kemukiman Daroy Jeumpet

Mantan Kepala SD 5 Langsa menambahkan, sosialisasi ini juga salah satu cara agar masyarakat dan khususnya para pelajar daerah ini lebih mengenal dan mencintai sejarah, budaya yang bisa mereka dapatkan di museum Kota Langsa ini.

Kemudian selain itu, melalui kegiatan sosialisasi diharapan masyarakat luar juga mengetahui keberadaan Museum Kota Langsa. Karena museum ini terbuka untuk masyarakat umum.

"Pelajar hingga mahasiswa bisa belajar dan mengenal sejarah melalui koleksi benda-benda sejarah yang ada di museum ini terutama lagi sejarah Kota Langsa," ujarnya.

Menurut Kadis Pendidikan, generasi muda Kota Langsa wajib mengerti dan memahami sejarah Kota Langsa, dan mencintai kota kelahirannya ini.

Dirinya mengajak semua pihak ikut bersama-sama pemerintah untuk mengembangkan museum ini agar bisa menjadi destinasi wisata berkembang di Kota Langsa.

Selain itu, ada berapa objek wisata di Langsa seperti Taman Hutan Kota, Hutan Manggrove, dan lainnya yang telah dikenal luas di Aceh maupun Sumut, Indonesia, hingga mancanegara.

"Saya berharap masyarakat dan pelajar juga ikut berperan aktif bersama Pemko Langsa, dalam mempromosikan Museum Kota Langsa ini agar ke depan terus dikenal oleh masyarakat luas " jelasnya.

Diinformasikan juga apabila masyarakat yang memiliki atau menyimpan koleksi benda bersejarah, apabila hendak di simpan di Museum Langsa, bisa menemui melalui Tgk Nur Iman selaku Edukator Museum Langsa. (*)

Penulis: Zubir
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved