Berita Luar Negeri

Korea Utara Uji Coba Senjata Terbaru, Kim Jong Un Tersenyum Sambil Tepuk Tangan

Korea Utara merilis gambar Pemimpin Kim Jong Un yang tersenyum ketika mengawasi uji coba senjata terbaru

Korea Utara Uji Coba Senjata Terbaru, Kim Jong Un Tersenyum Sambil Tepuk Tangan
(AFP/KCNA VIA KNS)
Gambar tak bertanggal yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA, pada 29 November 2019 memperlihatkan Kim Jong Un mengawasi uji coba senjata terbaru. Kim yang mengenakan jubah warna hitam tersenyum dengan pasukan Korea Utara di sekelilingnya memberikan tepuk tangan. 

SERAMBINEWS.COM - Korea Utara merilis gambar Pemimpin Kim Jong Un yang tersenyum ketika mengawasi uji coba senjata terbaru.

Kabar peluncuran itu pertama kali diungkapkan oleh Kantor Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) Kamis (28/11/2019).

Uji coba senjata Korea Utara itu terjadi ketika Amerika Serikat (AS) tengah merayakan Thanksgiving yang menjadi hari libur nasional.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut, senjata itu merupakan rudal balistik, di mana Korut melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Lagi, Anggota TNI Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua, Terjadi Baku Tembak Sekitar 15 Menit

Tetapi dilansir AFP Jumat (29/11/2019), Pyongyang menyebut senjata itu sebagai "sistem roket berpeluncur ganda super besar".

Kemudian, kantor berita KCNA juga merilis ketika Kim Jong Un tersenyum mengawasi uji coba sembari mengenakan jubah kulit hitam, dan mendapat tepuk tangan dari pasukan.

Selain itu, gambar lain yang dirilis memperlihatkan salah satu roket menembus langit malam saat diluncurkan dari truk peluncur empat tabung.

Polres Abdya Periksa 10 Saksi Kasus Pencurian Uang Ketua MPTT-I Pusat Rp 200 juta

Dalam editorial KCNA, tes itu bertujuan untuk memeriksa tahap akhir dalam kemampuan tempur sistem roket tersebut.

Uji coba itu menunjukkan keunggulan senjata itu sekaligus keandalannya, dengan Kim menyatakan "sangat puas" dengan peluncurannya.

Agenda di lokasi yang tak diketahui itu merupakan tindak lanjut dari tes sebelumnya September lalu, di mana sejumlah aspek masih harus diteliti.

Halaman
12
Editor: Hadi Al Sumaterani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved