Breaking News:

Heboh Medan Magnet di Aceh

Fenomena Medan Magnet di Aceh Besar, Pakar: Pengujian Sederhana Bisa dengan Waterpass

Jika benda-benda lain seperti botol plastik juga dapat bergulir, dapat dipastikan bahwa fenomena ini bukan disebabkan oleh tarikan medan magnetik.

Penulis: Nasir Nurdin | Editor: Taufik Hidayat
Hand-over dokumen pribadi
Dr Nazli Ismail 

Laporan Nasir Nurdin | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, BLANGBINTANG - Fenomena medan magnet di kawasan Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar yang viral sejak Minggu (5/1/2020) bukan hanya menyedot perhatian masyarakat tetapi juga ‘menggelitik’ para pakar untuk pembuktian secara ilmiah.

Adalah Dr Nazli Ismail, Peneliti Geofisika pada Laboratoorium Geofisika dan Ketua Program Studi S2 Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala yang secara khusus mengirimkan tanggapan kepada Serambinews.com.

Menurut Nazli, fenomena gunung magnet seperti yang ditemukan di kawasan Blang Bintang sebenarnya bukan hal yang pertama terjadi di dunia. 

Masih banyak simpang-siur penyebab kejadian tersebut. Terjadi berbagai pemahaman masyarakat, tetapi pada kondisi yang sangat berbahaya ketika peristiwa tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang mistis. 

Oleh karena, katanya, perlu diberikan penjelasan secara ilmiah tentang fenomena yang viral tersebut. 

Untuk memastikan penyebab utamanya maka perlu dilakukan observasi di lapangan secara geofisika, misalnya dengan melakukan pengukuran elevasi, baik secara sederhana menggunakan waterpass, theodolite, maupun peralatan GPS geodetik. 

Peralatan semacam ini diperlukan jika diduga bahwa peristiwa pergerakan kendaraan yang seolah-olah melawan arah gravitasi tersebut terjadi karena faktor perubahan ketinggian.

Dugaan yang paling mudah diprediksi terhadap fenomena tersebut adalah karena pengaruh perbedaan ketinggian, sehingga terjadi gaya tarik gravitasi. 

Di kalangan masyarakat, fenomena ini dikenal dengan istilah gravity hill. 

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved