Jurnalisme Warga

Pesonanya Pantai Pasir Putih Sama Dua

Ketika kami berangkat menuju Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan pagi Kamis 16 Januari 2020 dalam rangka menghadiri acara

Pesonanya Pantai Pasir Putih Sama Dua
IST
Mukhsinuddin. M.M, Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe) Chepter Meulaboh Aceh Barat, melaporkan dari Sama Dua Aceh Selatan

Oleh, Mukhsinuddin. M.M, Koordinator Forum Aceh Menulis (FAMe)  Chepter Meulaboh Aceh Barat,  melaporkan dari Sama Dua Aceh Selatan.

Ketika kami  berangkat menuju Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan  pagi Kamis 16 Januari 2020 dalam rangka menghadiri acara walimatul ursyi sahabat kami  yang bertugas sebagai dosen pada STAIN Teungku  Dirundeng Meulaboh Aceh Barat, kami ber-enam dalam satu mobil terasa senang dan gembira, karena kami akan menuju ke daerah yang terkenal julukan kota santri yaitu kota Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Kota ini  adalah daerah yang pesisirnya penuh dengan keindahan alam laut dan pergunungan.  Tempat-tempat wisata alamnya yang luar biasa sebagai anugerah dari Allah  Yang Maha Kuasa.  Tatkala kita menuju ke kota Tapaktuan sepanjang Wilayahnya terlihat  pesisir semuanya,  memang alamnya kaya dengan keindahan  yang eksotis mungkin sudah ditakdirkan untuk membuat orang – orang yang datang ke daerah Aceh Selatan akan membuat kekaguman  keelokan serta keasrian alamnya.

Pada saat  jam menunjukkan pukul  09.00 wib kami berangkat dari Kota Meulaboh menuju  Tapaktuan kota yang kami inginkan berkunjung, perjalanan dari kota Meulaboh ke kota Tapaktuan bisa ditempuh dengan waktu 3 jam lebih dengan perjalanan darat.  Ketika kami dalam  perjalanan kami akan menaiki gunung Tran Lamie Nagan Raya dengan tikungan dan belokan yang membawa orang bisa menikmati alamnya penuh dengan pohon sawit di bukit - bukit gunung tersebut dan tepatnya  pukul 11.30 wib kami sampai di kota Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya, kami pun singgah menikmati kopi dan minuman  sanger di warung kopi AW-Kopi kota  Blang Pidie,  kami bisa menikmati  bersama sahabat  lainnya minum kopi dan sanger,  di warung ini ada juga di jual roti sele Samahani,  kami pun ingin pesan dua rotinya untuk sebagai cicipan bersama minum kopi.

Kami lanjutkan perjalanan menuju kota Tapaktuan dan tepat pukul 13.00 kami tiba di kota Tapaktuan langsung kami melaksanakan sholat zuhur berjamaah di Masjid,  setelah itu kami melanjutkan ke tempat acara pesta walamatul ursyi  sahabat kami dengan menikmati makan siang di situ. Bersamaan dengan tamu dari sanak famili serta rombongan dara baro yang datang dari kota Meulaboh. Dan kami pun setelah makan siang langsung bersalaman serta swafoto dengan linto dan dara baro,  akhirnya minta pamit untuk kembali ke kota Meulaboh.

Dalam perjalanan pulang kami singgah di sebuah  warung di Sama Dua tepatnya di Pantai pasir putih untuk menikmati minuman kelapa muda dan makan mie dengan udang lopster,  memang harga looster di warung ini sekitar  250 sampai 300 ribu rupiah dan juga ada mie kepiting. Memang Pesisir pantai pasir putih ini  hampir semua  pantai ini memiliki pesona yang mampu membuat penasaran orang – orang yang mendatanginya,  belum lagi objek wisata pegunungan yang masih alami dengan kehijauan pepohonan yang tumbuh di atasnya.  

Para penikmat  wisata pantai, tidak perlu  khawatir tentang objek wisata  di Aceh Selatan untuk menikmatinya karena wilayah Aceh Selatan yang diapit oleh laut dan gunung sehingga akses menuju pantai sangat dekat dari pemukiman. Salah satu Pantai pasir putih yang terletak di Kecamatan Sama Dua Kabupaten Aceh selatan yang kami singgah ini bisa kita membuat betah berlama–lama berada dipantai tersebut karena begitu bisa menikmati  keindahan dan mempesonanya pantai pasir putih itu.

Pantai Pasir Putih, itulah nama yang masyarakat sebutkan untuk melambangkan keelokannya. Pantai Pasir putih itu kerap membuat pengunjung ketagihan bermain pasir dengan kaki dan tangannya sembari menikmati birunya lautan. Pantai pasir putih berada di samping pergunungan  Lauser yang kaya akan flora, sehingga hawa matahari tidak begitu menyengat panas bagi kita.  Pesisir pantai pasir putih  dipenuhi oleh pohon kelapa dan pohon aru yang rampak menjulang tinggi. Sehingga  membuat pengunjung nyaman di situ, ada warung-warung sebagai  tempat duduk sambil minum kopi dan kelapa  muda yang manis,  sekedar untuk melepaskan lelah di bawah pohon aru itu.

Menurut keterangan salah seorang sahabat kami beliu juga putra Aceh Selatan bahwa  banyak rumah makan yang berada di lokasi pantai pasir putih, “masyarakat  yang datang kesini tidak hanya warga lokal tapi  banyak juga yang berasal dari luar daerah seperti  dari Banda Aceh,  dan Sumatra Utara.  Mereka hanya ingin  singgah untuk menikmati kepala muda dan minum kopi dengan melihat pemandangan birunya laut Samudra Hindia.

Memang Lokasi wisata Pantai Pasir Putih Kecamatan Sama Dua ini merupakan tempat rekreasi keluarga yang patut dikunjungi.  Jarak tempuh dari kota Tapaktuan, ibukota Kabupaten Aceh Selatan hanya sekitar 30–40 menit saja. Kita bisa melihat ombak dipantai ini tidak besar sehingga tidak membahayakan bagi pengunjung yang menceburkan diri dipantai ini, apalagi kadar garamnya tidak terlalu tinggi dan tidak memerihkan mata. Itulah sebabnya setiap hari minggu dan hari libur lainnya lokasi pantai ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung baik itu hanya sekedar berjalan- jalan sambil merasakan halusnya pasir maupun menikmati ‘ramahnya’ air laut sambil bercanda dengan keluarga atau kawan sahabat.

Bila kita lihat Pantai Pasir Putih ini bersebelahan dengan lokasi pemandian air terjun, lokasi pemandian tersebut sangat strategis letaknya yaitu berada di pinggiran jalan Negara yang menghubungkan antara Tapaktuan - Banda Aceh. Persisnya berada di pinggir jalan besar yang  bisa jalan kaki menuju ke tempat air terjun itu.  Sepanjang pesisirnya banyak  rumah makan berdiri di sekitar pantai pasir putih dan kita  bisa memilih tempat yang disukai. Menikmati panorama alam memang sebaiknya harus disertai dengan merasakan masakan khas didaerah itu juga sehingga liburan pun akan memberikan sebuah makna yang indah.

Jika kita ke daerah ini maka kita  dapat melihat destinasi  saat berkunjung ke Sama Dua yaitu pantai pasir putih. Hal pertama yang dirasakan saat di pantai ini  pertama kali memasuki warung-warung yang ada di tempat ini  akan  disuguhkan dengan bermacam masakan khas Aceh.  Warungnya hanya terlihat indah dengan susunan  meja kursi yang tertata rapi.  Tapi walaupun begitu,  warung-warung  ini selalu ramai pengunjung setiap jam makan siang.

Ada warung nasi di pantai pasir putih dengan nama warung  Pantai Putih,  tempat ini mengangkat nama warung  karena dekat pantai pasir putih. Menu yang ditawarkan adalah khusus bagi yang suka ikan bakar, bisa memilih sendiri ikannya langsung di bakar, dan juga terdapat berbagai macam menu lain apa yang kita inginkan dari ikan gule, udang goreng dan lainnya, rasanya pun sangat memanjakan lidah. Selain rasa masakannya yang enak, hal lain yang membuat warung ini selalu dipenuhi pengunjung adalah harganya bisa terjangkau.

Maka bagi kita yang belum pernah ke Aceh Selatan ayo segera bersama keluarga, kerabat karib bisa menikmati wisata alam lautnya  dan kuliner. juga  termasuk mie udang lopster serta ikan  bakar yang masih segar semoga,..(muhmuhsin@gmail.com)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved