Berita Bener Meriah

327 Ekor Kuda Meriahkan Pacuaan Tradisional Gayo di Bener Meriah

Sebanyak 327 ekor kuda dari lima Kabupaten di Aceh ikut meramaikan pacuan kuda tradisional Gayo di Lapangan Segeda Kampung Karang Rejo, Kecamatan...

327 Ekor Kuda Meriahkan Pacuaan Tradisional Gayo di Bener Meriah
SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA
Joki memacu kudanya dalam perlombaan pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangkaian Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GamiFest) tahun 2020, di Lapangan Sengeda Kampung Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. Senin (27/1/2020). 

327 Ekor Kuda Meriahkan Pacuaan Tradisional Gayo di Bener Meriah

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Sebanyak 327 ekor kuda dari lima Kabupaten di Aceh ikut meramaikan pacuan kuda tradisional Gayo di Lapangan Sengeda, Kampung Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Senin (27/1/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Bener Meriah, Riswandika Putra SSTP MAP dalam sambutanya mengatakan, even pacuaan kuda tradisional Gayo tersebut sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat, dan antusias peserta yang ikut perlombaan sangat besar, terlihat banyaknya pemilik kuda mengikut sertakan kudanya dalam perlombaan ini.

Lanjut Riswandika, pacuaan kuda tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya pacuan kuda tahun ini diikuti oleh lima perwakilan diantaranya Kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Aceh Besar. Event ini merupakan rangkaian Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GamiFest) tahun 2020.

“Kalau tahun sebelumnya, kita selenggarakan setiap bulan Januari dalam rangkaian menyemarakan HUT Kabupaten Bener Meriah, tetapi untuk tahun ini pacuan kuda ini mrupakan rangkaian acara GamiFest tahun 2020, dan insyaAllah tahun ini, kita akan laksanakan even pacuan kuda dua kali dalam satu tahun,” kata Riswandika.

143 Peserta Dinyatakan Lulus SKD Hari Pertama Seleksi CPNS Kota Langsa

VIDEO Udara Detik-Detik Kebakaran Hotel 61 dan AW di Simpang Lima Banda Aceh

Ombudsman RI : Persiapkan Komunikasi Krisis Wabah Virus Corona

Disebutkanya, untuk kali ini ada sebanyak 327 ekor kuda yang akan berlomba dalam even ini, mulai dari kelas F hingga kelas A Super.

Riswandika menambahkan, sebelumnya dari Kabupaten Aceh Tengah kita mengundang sebanyak 70 ekor, namun mereka mengirim  sebanyak 127 ekor kuda, dan dari Kabupaten Gayo Lues kita undang 50 yang akan ikut sebanyak 65 ekor kuda, dari Kabupaten Aceh Besar ada sebanyak 2 ekor, serta Aceh Tenggara sebanyak 9 ekor kuda.

"Kabupaten Bener Meriah yang dipercayakan sebagai tuan rumah mengikut sertakan 126 ekor kuda," ujar Riswandika.

Dengan adanya kegiatan ini, kata Riswandika, ia berharap dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bener Meriah dan tentunya akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi dalam sambutanya menyampaikan, even pacuan kuda tradisional Gayo ini adalah even yang telah lama di tunggu-tunggu masyarakat, karena ini sudah menjadi bahagian dari kebudayaan masyarakat di Dataran Tinggi Gayo (DTG).

Mahasiswa Pro-Jurnalis Demo di Lhokseumawe, Tuntut Penuntasan Dua Kasus Kekerasan terhadap Wartawan

Perusahaan Produsen Marmer Siap Bangun Pabrik di Aceh

1.593 Hektare Tanaman Padi di Aceh Besar Puso, Begini Respons Pemerintah

Lanjut Bupati, pacuan kuda tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya karena beberapa fasilitas sudah mulai dibangun dan ditingkatkan. Terlebih untuk tahun ini insya Allah pacuan kuda akan dilaksanakan dua kali yakni dalam rangka GamiFest tahun 2020, dan HUT Bener Meriah yang akan digelar pada bulan Desember 2020 mendatang. 

“Kita akan terus mempersiapkan lapangan Segeda ini untuk menyambut even Pacuan Kuda dalam rangka PON tahun 2024 mendatang,” ujar Bupati Sarkawi.

Bupati menambahkan, kendati kita menyadari, menjadi tuan rumah penyelengaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan fasilitas-fasilitas yang mendukung, namun ia tetap yakin dan percaya itu semua dapat terwujud jika seluruh elemen seperti Pordasi dan pemerintah daerah bersinergi dan berupaya semaksimal mungkin.(*) 

Bengkel Las di Ateuk Jawo Banda Aceh Ludes Dilalap Api, Satu Sepmor Milik Pekerja Hangus Terbakar

KKB Papua Baku Tembak dengan Anggota TNI di Intan Jaya, 2 Anggota KKB Tewas Mengenaskan

Jalan Lintas Geumpang-Meulaboh Berlumpur, Akibat Aktivitas Angkutan Galian C

Joki memacu kudanya dalam perlombaan pacuan kuda tradisional Gayo dalam rangkaian Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GamiFest) tahun 2020, di Lapangan Segeda Kampung Karang Rejo, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. Senin (27/1/2020). SERAMBI/BUDI FATRIA 

Penulis: Budi Fatria
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved