Berita Banda Aceh

DPRK Banda Aceh Minta Puskesmas Sediakan Layanan Persalinan dan Dokter Kandungan

Komisi I dan Komisi IV DPRK Banda Aceh melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Ulee Kareng, Rabu (5/2/2020).

DPRK Banda Aceh Minta Puskesmas Sediakan Layanan Persalinan dan Dokter Kandungan
For Serambinews.com
Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh, Musriadi bersama Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh, Tati Meutia Asmara berdialog dengan perawat di Puskesmas Ulee Kareng, Rabu (5/2/2020). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komisi I dan Komisi IV DPRK Banda Aceh melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Ulee Kareng, Rabu (5/2/2020).

Anggota dewan meminta Puskesmas menyediakan pelayanan persalinan dan dokter spesialis kandungan dan anak.

Ketua Komisi I DPRK Banda Aceh, Musriadi menyampaikan setiap Puskesmas harus memiliki dokter spesialis kandungan dan spesialis anak. Sehingga ibu-ibu yang melahirkan bisa diperiksa di tingkat Puskesmas tanpa harus ke rumah sakit.

“Ibu-ibu yang akan melahirkan bisa diperiksa dengan teratur di Puskesmas, sehingga tidak perlu jauh-jauh melakukan pemeriksaan,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Begitu juga ketika melahirkan, lanjutnya, Puskesmas harus bisa memeriksa kondisi bayi. Dengan begitu, kata Musriadi, risiko bayi meninggal saat melahirkan dan risiko ibu yang mengalami keguguran menjadi kecil atau berkurang.

Sementara Ketua Komisi IV DPRK Banda Aceh, Tati Meutia Asmara berharap pelayanan di setiap Puskesmas bisa ditingkatkan.  Selain itu, ia juga berharap agar perawat dan dokter di Puskesmas selalu memberikan pelayanan prima.

“Jika pelayanan baik maka pasien pun juga terasa nyaman saat berobat. Maka layanilah masyarakat dengan cepat,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Tidak ada Korban Jiwa Dalam Kebakaran Tersebut, Diduga Akibat Konsleting Listrik

Komema Latih Reportase Investigasi untuk 40 Jurnalis Muda di Aceh

Sarjana Lulusan UTU Raih Passing Grade Tertinggi SKD CPNS Abdya, Simak Kiatnya Berikut Ini  

Dalam kesempatan itu, anggota dewan mengapresiasi Puskesmas Ulee Kareng karena sudah membuka berbagai pelayanan seperti pelayanan darurat (emergency), pengobatan umum, pemeriksaan kesehatan (KIR), dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan ibu hamil, pelayanan persalinan,  pelayanan KB,  pemeriksaan laboratorium,  konsultasi gizi,  konsultasi sanitasi lingkungan, pelayanan JKN dan lain-lain.

Kepala Puskemas Ulee Kareng, Malahayati SKM MPH mengatakan pihaknya terus melakukan inovasi dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan penguatan kelembagaan.

“Kami berharap ada penempatan dokter obgyn (dokter kandungan) dan SPA (dokter anak) di Puskesmas untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil dan anak,” katanya. (*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved