Penebangan Liar

TNGL Amankan 5 Ton Kayu Hasil Penebangan Liar dan 6 Mesin Chainsaw saat Patroli di Agara

Bahkan, lima ton kayu dan enam unit chainsaw diamankan Tim gabungan Petugas Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kutacane di kawasan Hutan di tiga lok

TNGL Amankan 5 Ton Kayu Hasil Penebangan Liar dan 6 Mesin Chainsaw saat Patroli di Agara
SERAMBINEWS.COM/DOK TNGL KUTACANE
Lima ton kayu dan enam unit chainsaw diamankan Tim gabungan Petugas Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kutacane di kawasan Hutan di tiga lokasi di Agara. 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Aksi penebangan liar marak di Aceh Tenggara.

Bahkan, lima ton kayu dan enam unit chainsaw diamankan Tim gabungan Petugas Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kutacane di kawasan Hutan di tiga lokasi di Agara.

Kayu temuan tersebut kemudian dicincang-cincang.

Sebelumnya juga pada 15 Januari 2020, juga ditemukan sebanyak 7 ton kayu ilegal di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di blok Kuning Abadi, Kecamatan Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara.

Razia itu dipimpin Komandan Tim Patroli Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) Kutacane, Sabarudin SP dengan melibatkan tim dari Persatuan Petani Kawasan Kaki Gunung Leuser (PPKGL), Forum Konservasi Leuser (FKL), PPNPN, dan pihak lainnya.

Peusangan Siap Hadapi Sulawesi Selatan di Laga Terakhir Piala Soeratin U-17

Tahun 2020, Gaji Keuchik dan Sekdes di Lhokseumawe Berkurang, Tapj Kaur, Kasi dan Kadus Bertambah

Syariful Alam Diarak Warga ke Acara Pelantikan Datok Penghulu

Kayu ilegal yang ditemukan itu dicincang-cincang dengan chainsaw di lokasi temuan kayu tersebut.

Komandan tim patroli TNGL Kutacane, Sabaruddin Pinim kepada Serambinews.com, Jumat (14/2/2020) mengatakan, kayu itu ditemukan di blok hutan Deleng Kukusen, blok Lawe Tungkal dan blok hutan Kute Batu yang berada dalam resort Lawe Mamas.

Razia di kawasan hutan TNGL dilakukan 11 November hingga 13 Februari 2020.

Menurut dia, saat razia itu petugas gabungan menemukan batang kayu besar dan ukuran kayu sedang yang telah ditumbangkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab di resort Lawe Alas.

Selain itu di lokasi, kata Sabaruddin, petugas juga menemukan 6 mesin chainsaw dan telah diamankan di kantor TNGL Kutacane.

Lanjutnya, diperkirakan sekitar 20 batang lebih kayu yang ditebang oleh oknum dipaku petugas agar tidak bisa dipotong pakai chainsaw.

"Sebagian lainnya dimusnahkan di lokasi dengan cara dicincang menggunakan chainsaw sehingga tak bisa diperjualbelikan oleh pelaku," ujarnya.(*)

Penulis: Asnawi Luwi
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved