Video

VIDEO - Aceh Pelajari Peluang Ekspor Pasir dan Kerikil ke Andaman India

Pemerintah Aceh dan Kepulauan Andaman juga berjanji akan mempermudah perizinan dan birokrasi agar konektivitas tersebut berjalan lancar.

Laporan Zainal Arifin M Nur | India

SERAMBINEWS.COM, PORT BLAIR - Ekspor pasir, kerikil, dan material bangunan, menjadi salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan antara pihak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Aceh, dengan Kadin Andaman & Nicobar, India.

Dalam pertemuan di Port Blair, Kamis (20/2/2020), pihak Kadin Andaman & Nicobar meminta Aceh mengekspor material bangunan untuk pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan di sana. Sebagai balasan, India akan membangun infrastruktur dan rumah sakit modern di Sabang.

Terkait hal ini, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang ikut mendampingi kunjungan Kadin Aceh ke India, mengatakan regulasi Indonesia tidak membenarkan ekspor bahan mentah. Karena itu, pihaknya mencoba mencari jalan tengah, yaitu dengan minimal mengekspor barang setengah jadi, seperti batu pecah, beton, dan material bangunan lainnya.

Pemerintah Aceh dan Kepulauan Andaman juga berjanji akan mempermudah perizinan dan birokrasi, serta kemungkinan memberikan insentif dan subsidi awal agar program percepatan konektivitas Andaman dan Nicobar bisa segera berjalan.

Percepatan konektivitas Aceh Indonesia dengan Andaman & Nicobar India, menjadi salah satu point kesepakatan antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada KTT Asean - India di Bangkok pada tanggal 4 November 2019. 

VIDEO - Letter of Intent Delegasi Aceh-India di Chennai, Tamil Nadu

Bertemu Dubes India, Senator Fachrul Razi Dukung Konektivitas Aceh-Port Blair Andaman Nicobar

Dahsyat, Aceh Jadi Incaran Uni Emirat Arab, Cina, India, dan Malaysia

Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Hari Mahardhika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved