Invest in Aceh

YIDH Akan Investasi di Aceh Timur, Bantu Pemkab Lindungi Hutan dan Sejahterakan Petani

Kerjasama ini untuk melestarikan hutan, dan satwa yang dilindungi, serta membangkitkan kehidupan petani di Aceh Timur.

Serambinews.com
Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib, dan jajaran pimpinan OPD mendengarkan paparan Manager Investasi YIDH, Zulfira Agusta, terakit rencana investasi di Aceh Timur, Kamis (26/2/2020). 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI – Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH menyambut baik rencana Yayasan Inisiatif Dagang Hijau (YIDH) untuk berinvestasi di Aceh Timur, pertemuan berlangsung di Aula Dekranasda Aceh Timur, Kamis (26/2/2020).

“Kita siap gandeng YIDH, FKL (forum konservasi leuser) dan semua pihak untuk melestarikan hutan, dan membangkitkan perekonomian petani dari semua sektor di Aceh Timur,” ungkap Bupati H Hasballah Bin HM Thaib SH, usai pertemuan dengan YIDH, yang diikuti jajaran pimpinan OPD Aceh Timur.

Kerjasama ini untuk melestarikan hutan, dan satwa yang dilindungi, serta membangkitkan kehidupan petani di Aceh Timur.

Bupati menyarankan petani merubah pola tanam untuk menanam tanaman yang tak disukai gajah seperti kopi robusta, serai wangi, lemon, dan jenis tanaman lainnya.

Pemkab Aceh Timur, dengan YIDH dan FKL juga berencana akan mengupayakan pemasangan pagar listrik kejut, agar tanaman petani terhindar dari gangguan gajah.

Karena sejak baru 2012 Aceh Timur termasuk daerah konflik dengan gajah seperti di Seumanah Jaya, Ranto Peureulak.

Sementara itu, Manager Investasi YIDH Zulfira Agusta, didampingi timnya Rizwan, mengatakan YIDH memiliki dana sekitar Rp 72 miliar (4 juta euro) untuk berinvestasi di Aceh Timur, baik sector pertanian, perikanan, maupun perkebunan.

Dalam berinvestasi YIDH bekerjasama dengan semua pihak, pemerintah, swasta, LSM dan masyarakat, mulai dari pendanaan hingga penjualan kepada patner pembeli (buyer) di tingkat nasional dan internasional.

“Pertemuan hari ini mencari tahu komoditas unggulan yang ingin dikembangkan di Aceh Timur, seperti kopi robusta, kakao, dan tanaman lainnya. Kita siap membantu permodalan,” ungkap Zulfira.

Program investasi YIDH sejalan dengan program yang dikembangkan Pemkab Aceh Timur.

Intinya, YIDH berinvestasi selain ingin melindungi hutan dan ekosistemnya, jua ingin membantu Pemkab Aceh Timur, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui investasi pendanaan.

Terkait program ini YIDH akan memetakan sector dan komoditas unggulan yang dikembangkan Pemkab Aceh Timur.

“Selama program itu bisa berjalan untuk melindungi kawasan hutan dan ekosistem plus meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka kita siap untuk membantu,” tutupnya.(*)

Parfum That Mangat Bee ‘Semerbak’ hingga ke Jakarta

Tak Bisa Tahan Nafsu, Oknum Guru SMA Berbuat Mesum dengan Siswinya dalam Mobil di Parkiran TK

Wabah Virus Corona Merebak, Arab Saudi Tunda Ibadah Umrah, Termasuk Kunjungan ke Madinah

Seorang Remaja Meninggal Tenggelam Saat Cari Kerang di Kuala Jeumpa Bireuen, Begini Kejadiannya

Penulis: Seni Hendri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved