Breaking News:

Berita Aceh Besar

Hari Ini, Ada Empat Hektare Lahan di Aceh Besar Terbakar, Petugas Sulit Terobos Lokasi

Sepanjang hari ini, Rabu (25/3/2020) petugas pemadam kebakaran BPBD Aceh Besar, menanggani tiga lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla)...

For Serambinews.com
Petugas pemadam kebakaran dari BPBD Aceh Besar bersama personel polisi melakukan pemadaman lahan yang terbakar di kawasan Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Rabu (25/3/2020). 

Hari Ini Ada Empat Hektare Lahan di Aceh Besar Terbakar, Petugas Sulit Terobos Lokasi

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Sepanjang hari ini, Rabu (25/3/2020), petugas pemadam kebakaran BPBD Aceh Besar, menanggani tiga lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang luasnya mencapai 4 hektare.

Tiga lokasi karhutla tersebut berada di kawasan Lembah Seulawah dan tidak jauh dari Mako Brimob Polda Aceh.

Lalu, dua lokasi lainnya yang juga masih berada di Kecamatan Lembah Seulawah, masing-masing terjadi di depan SPN Saree dan di atas gunung Simpang Seunapet.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Aceh Besar, Farhan AP mengatakan,  informasi kebakaran pertama yang diterima pihaknya, Rabu (25/3/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, terjadi di dekat Mako Brimob di kawasan Saree.

“Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Saree yang menerima informasi itu dari personel Brimob yang sedang piket langsung bergerak ke lokasi,” kata Farhan.

Begitu tiba di lokasi kebakaran untuk melakukan penanganan, ternyata area lahan yang terbakar sangat luas. Bahkan  jangkauan areal yang terbakar sulit ditempuh dengan armada pemadam dan berada di area pegunungan. Sehingga petugas pemadam dari Pos Saree meminta bantuan dari unit armada Pos Seulimuem.

Harga Gula di Aceh Naik, Plt Gubernur Lapor ke Menteri Perdagangan, Ini Permintaannya

Pemerintah Diminta Turun Tangan Terkait Kenaikan Harga Sembako di Meulaboh

Di Tengah Mewabahnya Corona, Warga Abdya Ramai-ramai Pulang dari Malaysia & Jakarta, Satu Masuk ODP

“Petugas sempat kewalahan dalam menangani kebakaran tersebut. Karena lokasi yang terbakar itu berada di area pegunangan dan perbukitan dan seluruh area yang terbakar itu ada tiga lokasi,” ungkap Farhan.

Petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Maswan menambahkan, petugas pemadam BPBD Aceh Besar dari Pos Saree dan Pos Seulimum melakukan penanganan kebakaran di lokasi yang berbeda-beda. Karena ada tiga titik api dan lahan yang terbakar.

“Untuk penanganan pertama, petugas terlebih memadaman di area yang berdekatan dengan Mako Brimob. Sementara dua titik lahan yang lain yang ikut terbakar jauh dari pemukiman warga,” kata Maswan.

Karena kondisi medan yang begitu sulit, sehingga petugas butuh waktu yang cukup lama dalam melakukan upaya pemadaman. Dari pukul 12:00 WIB petugas pertama kali menerima informasi api baru mampu dikuasai sekitar pukul 17.30 WIB.

“Kurang lebih 5 jam baru berhasil dipadamkan dan sejauh ini titik api di depan SPN Saree masih dalam pemantauan petugas. Karena untuk menuju ke lokasi tidak dapat dijangkau oleh armada pemadam dan petugas,” tambah Maswan.

Dalam penangganan itu, petugas pemadam juga ikut dibantu oleh anggota Polri dari Satuan Brimob dan  SPN Saree dan Polsek Kecamatan Lembah Seulawah serta dan personel TNI.(*)

12 Warga Langsa Status ODP, Jangan Salah Pahami, ODP bukan Telah Terpapar Virus Covid-19

Bupati Sarkawi Kumpulkan Seluruh Reje Kampung Sosialisasi Bahaya dan Dampak Covid-19

Muslim SHI MM Ajak Masyarakat Patuhi Seruan “Social Distancing”

Penulis: Misran Asri
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved