Update Corona di Aceh

UPDATE Taushiyah MPU, Selama Darurat COVID-19 Boleh tak Berjamaah di Meunasah dan Mushalla

Taushiyah yang berisi 7 poin keputusan ini ditetapkan di Banda Aceh, pada tanggal 6 Syaban 1441 H atau 31 Maret 2020 M.

KOLASE SERAMBINEWS.COM
Taushiyah MPU Aceh Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Ibadah dan Kegiatan Sosial Keagamaan Lainnya dalam Kondisi Darurat. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh akhirnya mengeluarkan ketetapan terhadap pelaksanaan ibadah dan kegiatan sosial keagamaan, pada masa darurat COVID-19.

Ketetapan MPU tentang pelaksanaan shalat Jumat dan ibadah lainnya, ini tertuang dalam “Taushiyah MPU Aceh Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Ibadah dan Kegiatan Sosial Keagamaan Lainnya dalam Kondisi Darurat.”

“Dalam hal dan keadaan wabah penyakit (Covid 19) dengan potensi menular yang semakin merebak dan meluas secara pasti (muhaqqaq) dan berdasarkan petunjuk medis serta ketetapan pemerintah, seorang muslim dibolehkan tidak melakukan shalat berjama’ah di masjid-masjid, meunasah atau mushalla dan tidak melaksanakan shalat jum’at, tetapi wajib menggantikan dengan shalat zhuhur di kediaman masing-masing,” demikian bunyi poin kedua dari ketetapan tersebut.

Taushiyah yang berisi 7 poin keputusan ini ditetapkan di Banda Aceh, pada tanggal 6 Syaban 1441 H atau 31 Maret 2020 M.

Ditandatangani oleh Ketua MPU Aceh, Tgk. H. M. Daud Zamzamy dan tiga Wakil Ketua yaitu, Tgk. H. Faisal Ali, Dr. Tgk. H. Muhibbuththabary, M.Ag, dan Tgk. H. Hasbi Albayuni.

“Taushiyah ini sudah kita kirimkan kepada Plt Gubernur Aceh dan Forkopimda tadi sore,” kata Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk Faisal Ali, kepada Serambinews.com, Selasa (31/3/2020) sore.

“Juga sudah kita kirimkan kepada seluruh ketua MPU kabupaten/kota untuk disosialisasikan,” tambah ulama yang akrab disapa Abu Sibreh ini.

Tgk Faisal Ali mengatakan, Taushiyah ini dikeluarkan oleh Mpu Aceh setelah Pemda Aceh menetapkan status darurat untuk Aceh, juga atas permintaan Gubernur Aceh agar MPU mengeluarkan fatwa maupun taushiyah terkait pelaksanaan ibadah pada masa darurat.

Tausiyah MPU Aceh Tentang Penanganan Jenazah dan Pasien Wabah Covid-19

Berikut ini isi lengkap  “Taushiyah MPU Aceh Nomor 4 tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Ibadah dan Kegiatan Sosial Keagamaan Lainnya dalam Kondisi Darurat.”

KESATU: Setiap muslim wajib berikhtiar menjaga dan menjauhkan dirinya dari wabah penyakit menular dengan senantiasa beribadah, berzikir dan berdo’a serta memperhatikan petunjuk medis.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arifin M Nur
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved