Breaking News:

BERITA BANDA ACEH

Kota Pintar Basis Masa Depan Digital

Kota Pintar telah tersebar di seluruh penjuru dunia dan tak ketinggalan Kota Banda Aceh dengan slogan: ‘Banda Aceh Gemilang Dalam Bingkai Syariat’

AFP/Kazuhiro NOGI
Seorang pria memperhatikan pergerakan mata uang asing terhadap dolar AS di bursa saham Tokyo, Jepang pada 31 Maret 2020 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kota Pintar terus tersebar di seluruh penjuru dunia dan tak ketinggalan Kota Banda Aceh dengan slogan: ‘Banda Aceh Gemilang Dalam Bingkai Syariat’ di bawah pimpinan Aminullah Usman dan wakilnya, Zainal Arifin.

Kota-kota pintar yang terus tumbuh telah menjadi kejutan bagi sebagian orang, tetapi tidak bagi lainnya.

Banda Aceh yang dijuluki 'Kota Seribu Warung Kopi" juga mampu mengikuti perkembangan teknologi, karena hampir seluruh warung kopi dilengkapi jaringan internet melalui WiFi dan tentunya gratis bagi para pengunjung.

Danish Terapkan Teknologi TNC

Tentu saja, semua orang juga sudah mengenal dengan baik Facebook, Twitter, Google dan Apple, yang seluruhnya berbasis di negeri Paman Sam.

Pada 2011, data terbuka menjadi hal yang sangat penting dan pemerintah bersama para pemimpin dunia mulai memikirkan hal ini.

Open Government Partnership diluncurkan pada September 2011 dan para pemimpin dunia menandatanganinya di PBB, sebagai dorongan besar untuk mulai berpikir tentang data, membuka data dan mengumpulkan data.

Banyak pemerintahan berpikir saat itu, membuka data bukan sebuah kewajiban, karena berisiko tinggi.

Tetapi, membuka data, memberikannya kembali dengan melindungi privasi merupakan hak bagi setiap manusia, apalagi dalam era keterbukaan informasi saat ini yang telah bergerak dengan sangat cepat, bahkan seperti ‘kilat’.

Membangun SDM dengan Pendekatan Teknologi  

Informasi dapat berisi apa saja, seperti berita yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat Aceh, pencabutan jam malam, Sabtu (4/4/2020).

Tidak perlu menunggu media cetak menerbitkannya, media sosial bergerak cepat, terutama media online, sehingga masyarakat pun mengetahuinya dengan sangat cepat.

Halaman
123
Penulis: M Nur Pakar
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved