Update Corona di Aceh

MPU Aceh Tidak Sependapat dengan Menag Soal Larangan Tarawih di Masjid, Ini Alasannya

Artinya, pelaksanaan shalat berjamaah masih dibolehkan asal menjaga jarak fisik.

MPU Aceh Tidak Sependapat dengan Menag Soal Larangan Tarawih di Masjid, Ini Alasannya
DOK SERAMBINEWS.COM
Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali

“Jangan di satu sisi, Menteri Kesehatan bilang orang boleh berinteraksi yang penting jaga jarak, tapi di sisi lain Menag melarang orang beribadah di masjid," ujar Tgk Faisal Ali.

Laporan Masrizal I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh tidak sependapat dengan Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, yang meniadakan pelaksanaan shalat Tarawih berjamaah di masjid atau mushalla, melainkan di rumah masing-masing, pada puasa Ramadhan tahun ini.

Seperti diketahui, Menag RI, Fachrul Razi, mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi wabah Corona (Covid-19).

Salah satu isi SE Nomor 6 Tahun 2020 itu menyebutkan, "Shalat Tarawih dilakukan secara individual atau berjamaah bersama keluarga inti di rumah."

SE tersebut juga mengatur bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri yang lazimnya dilaksanakan secara berjamaah baik di masjid atau lapangan, ditiadakan.

Untuk itu diharapkan terbitnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelang waktunya.

Fakta Menarik di Balik Lagu Aisyah Istri Rasulullah yang Kuasai Trending YouTube

Miss Polo Aceh Komit Stay at Home, Ini Harapannya kepada Masyarakat

"Kalau kita baca surat Pak Menteri Agama, ini bertentangan dengan prosedur kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona," ujar Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali, kepada Serambinews.com, Selasa (7/4/2020).

Sebelumnya, Menurut Tgk Faisal, dalam protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona, setiap orang harus menerapkan pola physical distancing (jarak fisik), termasuk dalam ibadah.

Artinya, pelaksanaan shalat berjamaah masih dibolehkan asal menjaga jarak fisik.

Halaman
12
Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Jamaluddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved