Breaking News:

Ramadhan 1441 H

Saat Ramadan Pintu Neraka Ditutup, Setan Diikat, Mengapa Masih Ada Kemaksiatan? Ini Kata Ulama

Kerap kita dengar salah satu tanda kemuliaan di bulan Ramadhan ditandai dengan dibelenggunya setan dan dibukanya pintu surga dan ditutup pintu neraka

AFP/Mahmoud ZAYYAT
Warga melepaskan lentera ke udara untuk merayakan datangnya bulan suci Ramadhan di luar sebuah masjid di Sidon, Lebanon, Kamis (23/4/2020). 

SERAMBINEWS.COM -  Berderet kemuliaan adsa saat Bulan Ramadhan. Tak heran jika bulan ini lebih baik dari seribu bulan karena di dalamnya ada malam Nuzulul Qur'an.

Kerap kita dengar jika salah satu tanda kemuliaan di bulan Ramadhan ditandai dengan dibelenggunya setan dan dibukanya pintu surga serta ditutupnya pintu neraka.

Gaung yang sering terdengar saat Ramadhan tiba adalah sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa pada bulan nan suci ini pintu-pintu surga dibuka dan setan-setan dibelenggu.

Benarkah demikian? Tapi mengapa maksiat masih saja bertebaran pada bulan Ramadhan dari tahun ke tahun?? Apa maksud dari setan dibelenggu ini?

Sang Ayah Meninggal Dunia, Angel Lelga Tak Bisa Antar Jenazah Ayahnya Karena PSBB dan Larangan Mudik

Gigi Hadid Dikabarkan Hamil Anak Zayn Malik, Usia Kandungan Memasuki Usia 20 Minggu

Polisi Amankan 72 TKI Ilegal dari Malaysia di Tanjungbalai, Mereka Ditelantarkan Kapal Pengakut

Tribunnews.com, melansir dari harakah.id, bahwa para ulama memiliki beberapa pendapat untuk memaknai kalimat hadis yang menyatakan “setan dibelenggu di bulan Ramadhan.

Ungkapan setan dibelenggu, neraka ditutup seolah nge-hits saat bulan Ramadhan ini berasal dari sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah Ra.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Dari Abu Hurairah Ra bahwasanya Rasulullah Saw bersabda, “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam Hadis tersebut dengan jelas disebutkan bahwa setan-setan pada bulan Ramadhan dibelenggu.

Namun pada kenyataannya, sering kita temui dosa-dosa yang masih saja dilakukan pada bulan nan agung ini.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved