Breaking News:

Dana Desa

Keuchik Tidak Lagi Dikejar Deadline Saat Cairkan Dana Desa Pada Tahun Ini

...jika tahun-tahun sebelumnya keuchik selalu dikejar deadline dalam proses pencairan dana desa, tapi pada tahun 2020 itu hal itu tidak ada.

SERAMBINEWS.COM/RIZWAN
Kadis DPMGP4 Nagan Raya menyerahkan bundel kepada Kadis DPMG Aceh di Alun-Alun Suka Makmue, Kamis (12/12/2019) siang.   

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Keuchik dan perangkat gampong lainnya bisa sedikit bernafas lega pada tahun 2020 ini. Pasalnya, jika tahun-tahun sebelumnya keuchik selalu dikejar deadline dalam proses pencairan dana desa, tapi pada tahun 2020 itu hal itu tidak ada.

Praktis keadaan itu membuat keuchik dan para perangkat desa sedikit lebih luwes dalam mengajukan permohonan pengamprahan dana desa mereka untuk tahun anggaran 2020, tanpa diselimuti kekhawatiran matinya anggaran.

Informasi ini disampaikan Dinas Pemberdayaan Masyarakatdan Gampong (DPMG) Aceh berdasarkan surat PMK Nomor 40/2020. PPK Satker Dana Desa DPMG Aceh, Zul Husni SSos MSi kepada Serambinews.com, Kamis (7/5/2020), mengatakan, jika pada tahun lalu, pencairan dana desa tahap I sebesar 40 persen paling cepat Januari dan paling lambat sampai Juni, namun pada tahun ini batas waktu itu dihapus atau tidak ada lagi.

Demikian juga untuk tahap II sebesar 40 persen paling cepat Maret dan paling lambat Agustus, serta tahap III sebesar 20 persen paling cepat Juli sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 205/2019, dinyatakan tidak berlaku pada tahun 2020.

Sebab, beber Zul Husni, PMK itu sudah dicabut atau diganti dengan PMK Nomor 40 tahun 2020, yang mengatur tentang pengelolaan dana desa tanpa membatasi waktu pencairan dana desa, baik tahap I, II, dan III.

Tiang Penyangga Balai Nelayan Pulau Balai Tiba-tiba Terlepas dan Terhempas, Ini Penyebabnya

Bagaimana Nasib 46 ABK Indonesia di Kapal Ikan China? Menteri Luar Negeri Ungkap Kondisi Mereka

Putra di China Kubur Hidup-Hidup Ibunya yang Lumpuh, Nyawa Si Ibu Selamat Setelah 3 hari ditemukan

“Dalam PMK yang baru itu hanya mengatur tahapan pencairan paling cepat, sedangkan paling lambatnya tidak diatur. Pencairan dana desa tahap I sebesar 40 persen paling cepat bulan Januari 2020, tahap II sebesar 40 persen paling cepat bulan Maret 2020, dan tahap III sebear 20 persen paling cepat bulan Juni 2020,” ujarnya.

“Ini sebagai klarifikasi informasi sebelumnya yang menyatakan ada pembatasan pencairan dana desa,” imbuh dia. Untuk itu, Ia meminta, kepada desa-desa yang belum mencairkan dana desa tahap I segera mengusulkan pencairannya.

“Dan bagi yang sudah menyelesaikan pencairan dana desa tahap I, segera mengusulkan pencairan dana desa tahap II pada bulan ini. Pagu dana desa kita tahun ini mencapai Rp 5,050 triliun untuk 6.497 gampong,” sebutnya.

Zul Husni mengungkapkan, percepatan pencairan dana desa tahap I, II dan III, sangat membantu pemerintah desa dalam menangani pencegahan dan penanganan penularan wabah virus corona (Covid-19) di gampong. Di sisi lain, paparnya, hingga Rabu (6/5/2020), dana desa tahap I yang sudah diamprah mencapai Rp 1,609 triliun.

Sensasi Melatih Mike Tyson, Rafael Cordeiro: Dia Akan Membuat Anda Pingsan 100 persen

Ayah Khabib Nurmagomedov Negatif Corona, Tapi Kondisi Kesehatan Ayahnya Abdulmanap Menurun

Dampak Covid-19 di Aceh Tengah, Harga Kopi Gayo Rp 6.000 per Bambu

"Jumlah dana desa tahap I yang sudah cair sampai 6 Mei 2020, nilainya mencapai Rp 1,609 trilliun, tersebar di 5.030 gampong. Sedangkan yang sudah mencairkan tahap II baru 16 gampong dengan nilai Rp 5,18 miliar, " beber dia.

Pada tahun ini, lanjut Zul Husni, ada tiga fokus kegiatan dana desa, yakni pencegahan dan penanganan penularan virus corona, kegiatan padat karya tunai dana desa (PKTD), dan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19. Tata cara pelaksanaan ketiga kegiatan tersebut, ulasnya, sudah diatur dalam Permendes, PDT dan Transmigrasi Nomor 6 Tahun 2020.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved