Berita Bireuen

Demo Soal Pj Keuchik, Perwakilan Warga Keude Jeunieb Temui Camat

Camat mengaku sudah menerima usulan terakhir dari tuha peut yang mengusulkan Rusli (Sekcam Jeunieb) sebagai Pjs kepala Desa Keude Jeunieb.

Serambinews.com
Perwakilan warga Keude Jeunieb yang unjuk rasa di kantor camat sedang berdialog dengan camat di ruang kerja kantor camat setempat. 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM - Aksi unjuk rasa warga Desa Keude Jeunieb, Bireuen, Senin (18/05/2020) di depan kantor camat Jeunieb ditanggapi positif camat Jeunieb, Yusri S Sos, sebanyak sembilan orang perwakilan warga Desa Keude Jeunieb diminta masuk ke ruangan bersama Danramil Jeunieb, Kapten Inf Muhammad Nasir bersama dua anggotanya.

Perwakilan warga yang duduk menyampaikan  tuntutan dengan camat adalah M Isa selaku tuha peut bersama  m Iqbal ketua pemuda,M Thaib selaku imam desa, Muzafar selaku tuha lapan, serta M Nur, Ismail M Ali, Nursiah  dan Syamsul Bahri.

Inti dari tuntutan antara lain, tuha peut sudah empat kali mengusulkan Pjs kepala desa, namun setiap usulan  selalu gagal karena diduga ada campur pihak ketiga, bahkan kasus Desa Keude Jeunieb sudah sampai ke PTUN, namun dalam sidang di PTUN beberapa waktu lalu semua tuntutan ditolak.

Disebutkan, usulan pertama sebagai Pj desa adalah  mantan keuchik yang sudah habis masa jabatan, kedua salah seorang kasie di Kantor Camat, ketiga Camat Jeunieb, M Yusuf sebagai Pjs, semua gagal dan mengalami hambatan karena berbagai sebab.

Usulan terakhir adalah Sekcam Jeunieb M  Rusli sebagai Pjs, namun hingga saat ini belum ada kepastian.

“Persoalan Keude Jeunieb kecil sekali, namun ketika masuk orang luar persoalan desa Keude Jeunieb menjadi besar, kami tidak ingin ada pihak lain yang interpensi camat atau siapa saja untuk tidak mengeluarkan SK Pjs desa kami,” kata perwakilan warga dalam pertemuan tersebut.

Setiap usulan yang diajukan sudah dimusyawarahkan di desa, kemudian mendapat persetujuan camat, tanpa diduga SK tidak terbit sampai sekarang, ujar perwakilan warga.

Camat Jeunieb, Yusri S Sos dalam pertemuan dengan perwakilan warga mengatakan, pihaknya sudah menerima usulan terakhir dari tuha peut desa mengusulkan Rusli (Sekcam Jeunieb) sebagai Pjs kepala Desa Keude Jeunieb.

Usulan tersebut sudah disampaikan ke Plt Bupati Bireuen beberapa waktu lalu. “Saya juga sudah menyampaikan secara lisan pada Sabtu (16/05/2020) agar segera menerbitkan SK penetapan Rusli sebagai Pjs kepala Desa Keude Jeunieb,”ujarnya.

Mendapat jawaban tersebut, perwakilan masyarakat desa meminta camat untuk tidak terpengaruh dengan keinginan orang lain yang bukan warga Keude Jeunieb, percepat keluar SK Pjs Kepala Desa Keude Jeunieb, karena berbagai urusan administrasi tidak berjalan normal.

“Desa lain sedang menyalurkan BST, sedangkan desa Keude Jeunieb belum bisa diproses sama sekali,” ujar Ismail Ali. Usai pertemuan tersebut masyarakat merasa lega dan camat serta Koramil berjanji akan berupaya secepatya agar SK penetapan Pjs kepala desa keude Jeunieb segera keluar.(*)

LP Lhokseumawe Usulkan Remisi Idul Fitri Bagi 325 Napi

1.146  Warga Jeunieb Mulai Terima BST, Ini Besaran Dananya

Pos SAR Meulaboh Hentikan Pencarian Korban Tenggelam di Krueng Woyla, Ini Alasannya

Terima Kasih Owi Jadi Trending di Twitter, Ini Segudang Prestasi Tontowi Ahmad

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved