Breaking News:

2 Bulan Tutup Karena Corona, Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Bakal Dibuka Lagi Setelah Idul Fitri

Masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan dibuka lagi bagi para jemaah selepas Idul Fitri, setelah dua bulan ditutup karena virus corona.

ANADOLU AGENCY/MOSTAFA ALKHAROUF
Warga Palestina memprotes campur tangan pasukan Israel yang memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa dan mulai menyerang jamaah Muslim pada tanggal 27 Juli 2018 di Yerusalem. Puluhan warga Palestina dilaporkan terluka. 

SERAMBINEWS.COM, YERUSALEM - Masjid Al-Aqsa di Yerusalem akan dibuka lagi bagi para jemaah selepas Idul Fitri, setelah dua bulan ditutup karena virus corona.

"Dewan memutuskan untuk mencabut larangan bagi peziarah untuk memasuki Masjid Al-Aqsa setelah libur Idul Fitri," ujar organisasi Waqaf.

Salah satu situs suci bagi umat Islam itu ditutup pada akhir Maret, pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir, tindakan pencegahan dari wabah virus corona.

Direktur masjid, Omar al-Kiswani, mengungkapkan bahwa dia berharap tidak ada pembatasan terkait jemaah yang hendak memasuki situs suci.

Meski begitu dilansir AFP Selasa (19/5/2020), al-Kiswani menerangkan pemerintah setempat akan mengumumkan seperti apa mekanisme operasionalnya.

Dia menuturkan, mekanisme itu didiskusikan untuk memastikan pihaknya tidak dikecam karena dianggap melanggar aturan kesehatan.

Bangunan masjid, yang berada di Kota Tua Yerusalem, dilaporkan sering menjadi salah satu lokasi konflik antara Israel dengan Palestina.

Dikenal sebagai Haram al-Sharif, bangunan itu berada dalam perlindungan Jordania yang juga berkuasa atas Tepi Barat, sebelum Perang Enam Hari 1967.

Situs itu juga menjadi lokasi suci bagi Yahudi, dikenal juga sebagai Temple Mount, diyakini jadi lokasi bagi dua situs dalam Alkitab.

Dengan jumlah kasus penularan virus corona yang semakin menurun, baik teritori di Palestina dan Israel mulai melonggarkan lockdown.

Halaman
12
Editor: faisal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved