Kisah Inspiratif

Ukri, Sayuran Hidroponiknya Sempat Diorder sebelum Panen Tiba

“Ukri terus bereksperimen, bahkan dia juga mencoba tanam padi dan melon secara hidroponik.”

BPTP Aceh/Serambinews.com
Kunjungan petani milenial Aceh ke kebun kelapa pandan wangi milik petani di wilayah Rachaburi, Thailand. 

Pada November 2019 Pemerintah Aceh mengirim 20 petani milenial untuk magang ke Songkhla, Thailand. Dalam rombongan itu, termasuk Marzukri yang akrab disapa Ukri, alumni Fakultas Pertanian (FP) Universitas Abulyatama (Unaya) Aceh Besar.

Ukri, kelahiran 29 April 1995 di Gunong Pulo, Kluet Utara, Aceh Selatan menceritakan berbagai kesannya selama di Songkhla termasuk ketertarikannya –sejak kuliah—pada pertanian hidroponik, yaitu menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kisah itu dikutip oleh Abdul Azis, Peneliti pada Balai Pengakajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh dan selanjutnya dikirim ke Serambinews.com untuk kemudian—setelah melalui proses editing—disajikan sebagai kisah inspiratif.

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH  – Pada 16 Desember 2019, sekembali dari Thailand, Ukri bersama rekan-rekannya dijamu oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Ukri masih ingat penegasan Plt Gubernur Aceh agar petani milenial menjadi petani tangguh, memiliki nilai tambah, dan daya saing.

“Kami dituntut memiliki kemampuan inovatif sesuai era industri  4.0  dan jadi pelopor dalam meningkatkan produktivitas dan vitalitas petani lain di Aceh,” kata Ukri.

Vitalitas yang dimaksud, kata Ukri adalah bagaimana bisa membuat petani bersemangat, suka, dan bangga sebagai petani.

Termotivasi dengan amanat Plt Gubernur Aceh, Ukri menghubungi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh untuk mendapatkan benih sebar.

Benih yang diterimanya ditanam dengan petani dan kelompok tani yang membutuhkan.

Di samping menjadi pendamping, Ukri juga terjun langsung bersama petani menanam jagung, kedelai, dan kacang tanah sistem tumpangsari.

Halaman
1234
Penulis: Nasir Nurdin
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved