Berita Aceh Tengah

Jamaah Shalat Idul Fitri di Aceh Tengah tak Seramai Tahun Lalu

Hari kemenangan bagi umat muslim tahun ini berbeda dengan biasanya karena pandemi Covid-19.

Serambinews.com
Pelaksanaan shalat jamaah Idul Fitri 1441 Hijriah yang digelar di Masjid Agung Ruhama, Kota Takengon, Minggu (24/5/2020) 

Laporan Mahyadi  | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, dipusatkan di Masjid Agung Ruhama, Minggu (24/5/2020).

Berbeda dengan dengan tahun-tahun sebelumnya yang dipusatkan di Lapangan Musara Alun, namun seiring dengan adanya virus corona (Covid-19) sehingga lokasi pelaksanaan digeser ke komplek Masjid Agung Ruhama. 

Jamaah shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di kota dingin itu, kali ini tak seramai tahun lalu. Walau telah diberi jarak antara jamaah, namun sebagian area masjid masih terlihat lengang.

Kondisi ini, disebabkan adanya anjuran pemerintah yang menyarankan untuk beribadah di rumah sehingga sebagian masyarakat memilih untuk tidak shalat berjamaah di masjid maupun area-area pelaksanaan shalat di sejumlah kecamatan.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dalam sambutanya menyebutkan, hari kemenangan bagi umat muslim tahun ini, sangat berbeda dengan biasanya karena sedang diuji dengan merebaknya wabah virus corona (Covid-19).

“Bukan hanya di Indonesia, tetapi seluruh duni sedanf diuji Allah SWT dengan adanya wabah yang mematikan ini. Makanya, kita harus secara sungguh-sungguh mencegahnya,” kata Shabela Abubakar. 

Dia menyebutkan, meskipun jumlah pasien positif corona di seluruh Indonesia mencapai ribuan orang, dan beberapa diantaranya meninggal dunia, tetapi untuk Kabupaten Aceh Tengah, belum ada terdapat pasien dengan kondisi indikasi positif Covid-19.

“Secara nasional, Aceh Tengah, merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang bebas Covid-19. Meski begitu, dampaknya sangat luas di segala bidang, terutama ekonomi dan sosial,” terangnya. 

Belum lagj selesai masalah Covid-19, Kabupaten Aceh Tengah, kembali diterpa bencana banjir bandang di Kampung Paya Tumpi, Kecamatan kebayakan, beberapa waktu lalu hingga meluluhlantakan sejumlah rumah warga.

“Kita harus bangkit, bersama untuk melalui cobaan ini, sehingga keadaan bisa segera pulih, dan aktifitas masyarakat bisa kembali normal,”harapnya. 

Diakhir sambutanya, Shabela Abukar, mengaspresiasi sejumlah pihak diantaranya tenaga medis, TNI-Polri, petugas lapangan serta insan pers yang masih bertugas di lapangan mengatasi bencana di saat momen Idul Fitri.

“Mari kita patuhi protokol kesehatan, sehingga memudahkan para petugas menanggulangi bencana, khususnya penyebaran Covid-19,” pungkasnya. 

Adapun pelaksanaan shalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, berlangsung tidak terlalu lama lantaran kondisi masoh diselimuti dengan adanya wabah virus corona. Kegiatan shalat berjamaah itu, diimami oleb Tgk Syamsuduha serta khatib Dr Alamusanna.(*)

408 Napi Dapat Remisi Idul Fitri, Kunjungan Lebaran di Lapas Narkotika Langsa Ditiadakan

Tangis Pecah, Bupati Bener Meriah Curhat Kondisi Kesehatannya

Ini Jadwal Pesawat Wings Air Terbang Kembali ke Bandara Malikussaleh Aceh Utara

Muslim SHI: Kelangkaan dan Lonjakan Harga Gula, Bukti Tata Kelola dan Tata Niaga Lemah

Gustave, Buaya Raksasa yang Telan 300 Manusia Selama Hidup, Tak Pernah Bisa Dibunuh Meski Pakai AK47

Penulis: Mahyadi
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved