Breaking News:

Unsyiah Gratiskan Pemeriksaan Swab PCR untuk 200 Orang yang Ditunjuk Atasannya

Sebanyak 200 orang yang akan diperiksa swab secara gratis itu haruslah mereka yang ditunjuk atau mendapat tugas dari instansi pemerintah

HUMAS UNSYIAH
Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng memutuskan memperpanjang kuliah online terkait kondisi penyebaran virus corona (Covid-19) di Aceh dan di tingkat nasional. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggratiskan pemeriksaan swab berbasis rapid test polymerase chain reaction (RT PCR) kepada 200 orang warga Aceh untuk mengetahui apakah orang tersebut positif terinfeksi Covid-19 atau tidak.

Sebanyak 200 orang yang akan diperiksa swab secara gratis itu haruslah mereka yang ditunjuk atau mendapat tugas dari instansi pemerintah, baik sipil maupun militer.

"Jadi, tidak diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin pemeriksaan swab secara mandiri. Yang mandiri tetap bayar," kata Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU menjawab Serambinews.com di Banda Aceh, Jumat (29/5/2020) sore.

Pemeriksaan gratis itu dilakukan mulai akhir bulan ini hingga bulan depan di Laboratorium Penyakit Infeksi Unsyiah yang berada di lingkungan Fakultas Kedokteran Unsyiah, Kopelma Darussalam, Banda Aceh.

Menurut Prof Samsul, pemeriksaan swab lendir tenggorokan dan hidung (secara orafaring dan nasofaring) untuk mendeteksi infeksi corona itu sebetulnya memerlukan biaya, karena reagennya memang harus dibeli dan didatangkan dari Jakarta.

Dua Pria Positif Covid-19 Hasil Rapid Test, ODP dan PDP di Lhokseumawe Tetap Nihil, Ini Sebabnya

Keluarga Dua Pria Lhokseumawe yang Positif Covid-19 Versi Rapid Test Ikut Dites, Ini Hasilnya

Kisah Ayah Selalu Bawa Anak 3 Tahun Sambil Kerja 13 Jam/Hari, Siang Tukang, Malam Antar Makanan

Reagen adalah bahan yang dipakai untuk reaksi kimia, biasanya dipakai untuk mengetes darah atau cairan tubuh lainnya, seperti dahak, ludah, dan ingus apakah mengandung virus, bakteri, atau tidak.

Meski dalam keadaan normal reagen itu harus dibeli, tapi dalam konteks antisipasi penyebaran Covid-19 di Aceh, Unsyiah mendapat 200 reagen gratis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diserahkan melalui Balitbangkes Aceh yang berlokasi di Gampong Bada (Siron), Aceh Besar.

Nah, menurut Prof Samsul Rizal, 200 reagen itu akan digunakan secara gratis pula untuk 200 orang yang ingin melakukan pemeriksaan swab atas rekomendasi atasannya di Laboratorium Penyakit Infeksi Unsyiah atau di Rumah Sakit Prince Nayef Darussalam, Banda Aceh.

Beberapa di antara reagen itu sudah terpakai, karena selama ini Lab Penyakit Infeksi Unsyiah juga aktif melakukan pemeriksaan swab.

Halaman
12
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved