Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Setelah Sempat Mengungsi Semalam, 27 KK di Darul Hikmah, Aceh Jaya Kembali Pulang ke Rumah

Data yang dihimpunmenyebutkan, banjir diketahui mulai surut sejak Senin dini hari setelah sebelumnya merendam tiga desa sejak Minggu pukul 18.00 WIB.

For Serambinews.com
Banjir menggenangi rumah warga di Desa Lam Teungoh, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya, Minggu (31/5/2020). 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Sebanyak 27 kepala keluarga (KK) asal tiga desa di Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya sempat mengungsi semalam akibat rumah mereka direndam banjir luapan Krueng Masen pada Minggu (31/5/2020) petang.

Namun, sehari kemudian atau pada Senin (1/6/2020), puluhan warga Desa Babah Dua, Lam Teungeh, dan Panton Krueng itu sudah kembali ke rumah masing-masing karena banjir sudah surut sejak Senin dini hari.

Data yang dihimpun Serambinews.com menyebutkan, banjir diketahui mulai surut sejak Senin dini hari setelah sebelumnya merendam tiga desa sejak Minggu (31/5/2020) pukul 18.00 WIB.

Dampaknya, puluhan rumah warga tergenang banjir, bahkan hingga menyebabkan puluhan kepala keluarga (KK) terpaksa mengungsi.

Camat Darul Hikmah, Nuri Asiri kepada Serambinews.com, Senin kemarin, mengatakan, jika sejak pagi puluhan warga Desa Babah Dua, Lam Teungeh, dan Panton Krueng, yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing.

Warga Pulangkan Paksa 20 Pekerja asal Sumut, Suasana Sempat Panas Saat Penanggung Jawab Lakukan Ini

Pekerja Asal Zona Merah Leluasa Masuk Aceh, YARA Tuding Tim Gugus Tugas Covid-19 Tak Serius Bekerja

Pekerja Bangunan dari ‘Zona Merah’ Masuki Bener Meriah, Tim Gugus Tugas Akan Lakukan Rapid Test

"Sejak pagi (Senin pagi-red), warga sudah mulai kembali ke rumahnya dan sudah mulai membersihkan rumah dari lumpur yang dibawa banjir," jelasnya.

Nuri menjelaskan, untuk saat ini tidak ada lagi warga di kecamatan yang ia pimpin yang mengungsi akibat banjir luapan tersebut. "Untuk saat ini sudah aman," terangnya.

27 KK mengungsi
Sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Aceh Jaya, sejak Minggu (30/5/2020) siang sekira pukul 14.00 WIB, menyebabkan tiga desa di Kecamatan Darul Hikmah terendam banjir.

Ketiga desa yang terendam banjir tersebut antara lain, Desa Babah Dua, Lam Teungeh, dan Desa Panton Krueng.

Camat Darul Hikmah, Nuri Asiri menyebutkan, dari ketiga desa tersebut ada 27 kepala keluarga (KK) yang terpaksa mengungsi lantaran rumah mereka tergenang banjir.

Lion Air Kembali Layani Rute ke Medan-Aceh, Maskapai Ini Angkut 22 Penumpang

Pulsa Isi Token Listrik PLN Terpotong, Pelanggan Protes di Medsos, PLN Minta Maaf

Illiza Saaduddin Djamal: Tak Penuhi Lima Syarat, Sebaiknya Tunda Masuk Sekolah

"Banjir terjadi sejak pukul 18.00 WIB. Banjir dikarenakan hujan lebat dan luapan Krueng Masen," ungkapnya.

Ia merincikan, di Desa Babah Dua ada 22 rumah warga yang tergenang banjir dan Desa Panton Krueng sebanyak 17 rumah terendam.

"Tidak hanya banjir, Kecamatan Darul Hikmah sendiri juga mati lampu karena ada gangguan PLN," tandas Nuri Asiri, Minggu (31/5/2020).(*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved