Breaking News:

Berita Luar Negeri

Unjuk Rasa Kematian George Floyd Memanas, Ini Cara KBRI Jamin Keselamatan 142 Ribu WNI di AS

Jumlah WNI yang bermukim di AS sangat besar, yakni lebih dari 142 ribu orang. Mereka juga tersebar di berbagai wilayah dan kota di AS.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Muhammad Hadi
AFP/Joseph Prezioso
Demonstran melempar kembang apike arah polisi dalam demo memprotes kematian George Floyd di Boston, Massachusetts, AS, Rabu (3/6/2020) dinihari. 

SERAMBINEWS.COM – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC memastikan keselamatan dan keamanan Warga Negara Indonesia (WNI) di Amerika Serikat.

Diketahui, negara itu sedang dalam gelombang aksi unjuk rasa di berbagai kota.

Aksi unjuk rasa itu dipicu atas tindakan polisi yang menangkap seorang pria berkulit hitam, George Floyd.

Pria berkulit hitam itu tewas karena kahabisan napas setelah disekap dengan lutut oleh oknum polisi yang bernama Derek Chauvin.

Demi menjamin keselamatan WNI, KBRI Washington DC, secara rutin melalukan pertemuan secara online yang di hadiri oleh  tokoh masyarakat, pemuka agama, ketua organisasi masyarakat, profesional, mahasiswa hingga penggiat seni.

Hal ini dilakukan sebagai wujud kemitraan antara Perwakilan diplomatik Indonesia dengan komunitas WNI di AS.

Viral Foto Pria Bertato Indonesia Ikut Rusuh Demo George Flyod di AS, Mengaku Lahir di Pulau Jawa

Ancaman Meningkat, Taiwan Luncurkan Deretan Mesin Perang Canggih untuk Hadapi Agresivitas China

PM Selandia Baru Sebut Kasus Kematian George Floyd ‘Ngeri’

Menurut Wakil Duta Besar RI untuk AS, Iwan Freddy Hari Susanto dalam keterangan tertulis yang diterima serambinews.com, Rabu (3/6/2020) mengatakan pihaknya membangun jaringan komunikasi secara pro-aktif dengan simpul-simpul masyarakat.

Terlebih lagi, di tengah suasana yang masih meluasnya aksi demonstrasi, menjadi sangat penting sebagai wujud kehadiran negara.

"Jumlah WNI yang bermukim di AS sangat besar, yakni lebih dari 142 ribu orang. Mereka juga tersebar di berbagai wilayah dan kota di AS, termasuk di kota-kota kecil,” ujarnya.

“Kita perlu menjangkau mereka secara lebih luas", ujar Iwan Freddy yang langsung menyapa mereka dalam pertemuan secara daring tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved