Berita Kutaraja

Pemerintah Aceh Gratiskan Biaya Pengurusan Surat Rapid Test, Ini Lokasi Tes di Banda Aceh

Kadinkes Aceh, dr Hanif membenarkan bahwa untuk sementara ini rapid test bagi masyarakat yang membutuhkan surat keterangan bebas corona gratis...

HUMAS PEMERINTAH ACEH
Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr Hanif 

Laporan Herianto | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh, dr Hanif membenarkan bahwa untuk sementara ini rapid test bagi masyarakat yang membutuhkan surat keterangan bebas corona tidak dipungut biaya atau gratis.

Kebijakan itu, jelasnya, dilakukan pemerintah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Karena saat ini, sudah mulai diberlakukan protokol kesehatan cegah Covid-19, di mana setiap masyarakat yang ingin ke luar daerah, baik mengunakan transportasi udara, darat, dan laut, ia harus miliki surat rapid test lebih dahulu dengan hasil tesnya negatif terhadap virus corona,” ujar Kadinkes kepada Serambinews.com, Kamis (4/6/2020).

Untuk mendapatkan surat itu, masyarakat datang ke RSUD untuk dilakukan pemeriksaan atau di-rapid test,” imbuh dr Hanif.

Bagi yang hasil pemeriksaannya reaktif atau positif, papar Kadinkes, maka yang bersangkutan diwajibkan melanjutkan pemeriksaan swab melalui RT-PCR.

Dismobduknakertrans Siap Fasilitasi Pekerja Luar Aceh Urus Surat Rapid Test, Ini Prosedurnya

Persediaan Darah di UTD RSUD Bireuen Minim, Ini Stok Darah yang Ada

Banda Aceh dan Delapan Kabupaten/Kota di Aceh Masuk Zona Merah, Simak Penjelasan Asisten II Pemprov

Tujuannya, ulas dia, untuk memastikan reaktif yang terjadi di dalam darahnya itu apakah mengandung virus corona atau tidak.

“Sedangkan yang hasilnya negatif, ia tidak diwajibkan melanjutkan pemeriksaan swab. Ia bisa menggunakan surat rapid test dengan hasil negatif itu untuk melakukan perjalanan ke luar daerah,” tukas Hanif.

Untuk Kota Banda Aceh, sebut Kadinkes, layanan pemeriksaan rapid test bisa dilakukan di RSUZA, RSUD Meuraxa, Labotarorium Kesehatan Daerah, Labkes Unsyiah, serta RSU swasta dan lab pemeriksaan kesehatan swasta yang memiliki alat rapid test.

"Mulai hari Senin, Laboratorium Kesehatan Daerah yang berada di samping Kantor PLN Wil I Aceh sudah mulai membuka pelayanan pemeriksaan darah menggunakan rapid test secara gratis,” tutup Hanif.(*)

Penulis: Herianto
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved