Breaking News:

Ibadah Haji Batal

Sudah Sepekan Berjalan, belum Ada CJH di Lhokseumawe Ajukan Pengembalian Dana Pelunasan BPIH

Dengan tertundanya perjalanan ibadah haji tahun ini, bagi CJH boleh mengambil kembali dana pelunasan BPIH sebesar Rp 6.020.000.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Ansari Hasyim
For Serambinews.com
Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lhokseumawe, Tgk Ruslan 

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lhokseumawe, sampai dengan Senin (6/6/2020) sore belum juga menerima satu pun surat permohonan pengembalian dana pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dari Calon Jamaah Haji (CJH).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 252 CJH di Kota Lhokseumawe sudah dipastikan gagal berangkat pada tahun ini walaupun mereka semuanya sudah melakukan pelunasan BPIH.

Kepastian ini diperoleh menyusul Kemenag Kota Lhokseuamwe, pada Selasa (2/6/2020) pagi, menerima surat resmi dari Kementerian Agama RI terkait penundaan pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Jadi, dengan tertundanya perjalanan ibadah haji tahun ini, bagi CJH boleh mengambil kembali dana pelunasan BPIH sebesar Rp 6.020.000.

Caranya, dengan mengajukan permohonan tertulis ke Kemenag Lhokseumawe serta ikut lampirkan bukti pelunasan BPIH, fotokopi nomor rekening bank, fotokopi KTP yang bersangkutan, serta mencantumkan nomor handphone yang bisa dihubungi.

Setelah CJH mengajukan permohonan, maka Kemenag Lhokseumawe akan melakukan verifikasi.

Bila berkas dan data valid, selanjutnya berkas permohonan tersebut akan dikirim ke Kementerian Agama RI.

Mulai Besok, Dana BST Tahap II Dicairkan Lima Kecamatan di Aceh Besar, Ini penjelasan Kadis Sosial

Pemerintah Aceh Berduka Atas Berpulangnya Mantan Bupati Bireuen Nurdin Abdul Rahman

Pemkab Bener Meriah Ikut Vicon Rakor Pembinaan Inovasi Daerah dengan Kemendagri

Namun sampai sore tadi, atau sudah berjalan sepekan sejak diumumkan pembatalan pembelajaran ibadah haji tahun ini, belum ada satu pun CJH di Lhokseumawe yang mengajukan pengembalian dana tesebut.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Lhokseumawe, Tgk Ruslan SAg MPd, membenarkan sampai hari ini belum ada satu pun CHJ yang secara resmi mengajukan permohonan untuk pengembalian dana pelunasan BPIH.

"Namun saja ada beberapa CJH yang datang ke kantor kami hanya untuk mempertanyakan proses pengembaliannya saja," demikian Tgk Ruslan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved