Breaking News:

Bersihkan Sampah

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bupati Aceh Timur Bersihkan Sampah di Sepanjang Sungai Idi Rayeuk

Gotong royong ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia dengan tema "Time For Nature" dan fokus terhadap "Kean

Penulis: Seni Hendri | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Foto Humas Aceh Timur
Bupati Rocky ketika mengambil sampah di sepanjang aliran sungai Idi Rayeuk, Aceh Timur, Jumat (19/6/2020). 

Laporan Seni Hendri l Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Pemkab Aceh Timur melakukan gotong royong massal di sejumlah lokasi dalam kawasan Idi Rayeuk, ibu kota Aceh Timur, Jumat (19/6/2020).

Gotong royong ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia dengan tema "Time For Nature" dan fokus terhadap "Keanekaragaman Hayati" yang jatuh pada Juni 2020.

Bupati Aceh Timur, Hasballah bin HM Thaib SH, memimpin kegiatan gotong royong diikuti seluruh ASN dari organisasi perangkat daerah (OPD) dalam lingkungan Pemkab Aceh Timur. Selain itu, juga diikuti Ormas, LSM, dan insan pers.

Titik gotong royong yakni, sungai Idi, pajak ikan, dan Kuala Idi.

Aceh Kelola Sendiri Blok B, Hendra Budian: Keberhasilan Ini Jangan Ditanggapi Pesimis

Ini Hasil Swab Balitbangkes Aceh Besar Terhadap 90 Orang Warga Lhokseumawe 

Wali Kota Lhokseumawe Beri Semangan untuk Tim Sepakbola PON Aceh

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib SH, mengajak masyarakat untuk menjaga lingkugan dengan cara tidak membuang sampah ke sungai dan ke laut agar tidak terjadi pencemaran lingkungan dan penyumbatan aliran sungai.

"Sampah kapal atau sampah rumah tangga serta sampah-sampah usaha perikanan agar jangan dibuang ke sungai atau ke laut. Ini penting kami ingatkan, sehingga tidak terjadi penyumbatan dan pencemaran," ujarnya di sela Gotong Royong Massal.

Selama ini, kata Bupati, sepanjang sungai dalam Kecamatan Idi Rayeuk dan sekitarnya kerap ditemukan tumpukan sampah, terutama berbagai jenis sampah rumah tangga.

Sehingga, sebagai Kepala Daerah dia mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah rumah tangga ke sungai, tetapi letakkan di tempat sampah yang telah disiapkan.

"Begitu juga dengan masyarakat yang berdomisili sepanjang pesisir pantai mulai dari Idi Rayeuk hingga ke perbatasan Birem Bayeun dan perbatasan Madat, kami mengingatkan agar tidak membuang sampah ke laut, karena jika sampah dibuang ke laut tentu akan terjadi pencemaran dan berbagai jenis sumber daya di laut terancam punah, seperti ikan dan terumbu karang," sebut Rocky didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Teuku M Yunus.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh kepala desa dan pihak kecamatan kembali menggiatkan gotongroyong di seluruh desa terutama membersihkan fasilitas umum seperti jalan, jembatan dan parit serta sepanjang aliran sungai.

"Giatkan kembali budaya gotongroyong, namun dalam pelaksanaan tetap menjungjung protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19," pinta bupati Rocky.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved