Luar Negeri

Presiden Palestina Tegas Tolak Pencaplokan Wilayah oleh Israel, Tolak Pangglan Telepon dari Menlu AS

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas diduga menolak menerima panggilan telepon dari Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo untuk membahas rencana aneksasi.

SPENCER PLATT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengangkat peta perdamaian Israel-Palestina versi Trump yang diakuinya tidak akan bertahan lama. Abbas mendesak DK PBB untuk membatalkan rencana Trump. 

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas diduga menolak menerima panggilan telepon dari Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo untuk membahas rencana aneksasi.

SERAMBINEWS.COM - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, tegas menolak menolak pencaplokan wilayah mereka (aneksasi) oleh Israel di Tepi Barat. 

Oleh karena iu, Mahmoud Abbas, diduga menolak menerima panggilan telepon dari Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo untuk membahas rencana aneksasi Israel, Minggu (28/6/2020).

Menurut Al Quds Al Araby, panggilan yang dimaksudkan datang di tengah-tengah diskusi AS-Israel yang sedang berlangsung tentang aneksasi (pencaplokan) tanah Palestina yang diduduki.

Menurut Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, proses aneksasi akan dimulai pada 1 Juli 2020. 

Mengutip dari Middel East Monitor, Selasa (30/6/2020), stasiun radio Israel, Israeli General Radio mengatakan bahwa Abbas menolak panggilan itu setelah mengontak secara intensif untuk mengatur rencana aneksasi.

Sementara itu, para pejabat Palestina dikatakan telah mengirim pesan ke Israel.

Di Tengah Ketegangan Pencaplokan Tepi Barat Palestina, Dua Roket Meluncur dari Gaza ke Israel

Israel Bakal Caplok Tepi Barat Palestina, Sayap Militer Hamas Siap Jihad

Parlemen Eropa Kutuk Rencana Israel Mencaplok Tepi Barat Palestina, Ribuan Anggotanya Teken Petisi

Pesan itu mengatakan bahwa Palestina telah menyiapkan inventaris senjata dan amunisinya untuk diserahkan kepada negara pendudukan, namun negara itu juga  harus menyerahkan tanggung jawab penuh untuk keamanan di Tepi Barat yang diduduki.

Sementara itu, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengatakan pada hari Senin (29/6/2020) bahwa rencana Israel untuk mencaplok bagian-bagian Tepi Barat ditolak, baik sebagian atau seluruhnya.

Halaman
123
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved