Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Minat Warga Aceh Jaya Menanam Nilam Meningkat, Bahkan Minyak Nilam Sudah Dikirim ke Eropa

Minat para petani Aceh Jaya dalam menanam nilam untuk meningkatkan ekonomi keluarga selama pandemi COVID -19 semakin meningkat

Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB bersama Kepala BI Perwakilan Aceh, Ketua ARC, dan pelaku Usaha Nilam, melakukan tanam bersama nilam di Gampong Seuneubok Padang, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya, Sabtu (8/9). 

Laporan Riski Bintang I Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Minat para petani Aceh Jaya dalam menanam nilam untuk meningkatkan ekonomi keluarga selama pandemi COVID -19 semakin meningkat.

Hingga saat ini setidaknya terhitung seluas 200 Hektar lebih luas lahan nilam milik petani di Kabupaten Aceh Jaya.

"Untuk minat sendiri sangat besar dari para petani Aceh Jaya apalagi harga sudah bertahan, dan program yang sudah digaungkan pemkab selama ini," kata Nazar selaku Ketua Koperasi Industri Nilam (KINA) Aceh Jaya

Wisata Gunung Salak Aceh Utara Kembali Ramai Dikunjungi Wisatawan

Ia juga menyampaikan kalau minyak nilam Aceh Jaya sudah bisa dikatakan mendunia.

Karena selama ini pihaknya telah mengirim minyak nilam ke luar negeri, baik itu PT Botanicus Cheko maupun ke Perancis yang kebetukan juga punya anak perusahaan di Aceh.

Petani Nekat Bunuh Diri, Gegara Handphone yang Dibelikannya untuk Sang Putri Tak Sesuai Keinginan

"Minyak juga pernah kita kirim keluar negeri, yaitu ke PT Botanicus Cheko, dan juga ke Perancis yang punya anak perusahaan di Aceh.

Namun mereka ada ketentuan mengambil minyak yang disuling dengan keter stenlis dan itu pertahun jumlah minyak yang ditampung sekitar 6-12 ton," kata Nazar.

Nazar menyampaikan untuk minyak nilam sendiri pihaknya mampu mengumpulkan perbulan sekitar 3 ton lebih, itu khusus yang dijual kepadanya, dan ada juga yang dijual kepada orang lain di Aceh Jaya.

"Memang untuk saat ini juga salah satu terbesar penyuplai minyak, karena ada dua kabupaten yang banyak produksi minyak nilam, yaitu Aceh Jaya dan Aceh Selatan," kata Nazar.

VIDEO - Indahnya Panorama Irigasi Kuta Tinggi Blangpidie Aceh Barat Daya

Sementara itu, Nazar menuturkan kalau harga jual beli minyak nilam di Kabupaten Aceh Jaya sejak enam bulan terakhir sudah mulai terjadi peningkatan, bahkan berada diposisi bertahan Rp 680 ribu -700 ribu.

"Untuk harga minyak nilam lokal, sejak enam bulan terakhir sudah berada di posisi bertahan dan sudah ada peningkatan dari harga sebelumnya," kata Nazar

Ia menyampaikan kalau untuk saat ini harga minyak nilam lokal sekitar Rp 680 sampai dengan 700 ribu dijual kepada pengepul, sementara sebelumnya harganya Rp 580 ribu - 600 ribu rupiah.(*)

Seorang Wanita di India Jual Suami ke Pelakor, Karena Gerah Terus-terusan Diselingkuhi

Penulis: Riski Bintang
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved