Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Wow! Rencong Batu Masuk Nominasi API 2020, Direktur Poltas Ajak Ramai-ramai Vote, Catat Jadwalnya

“Kita minta warga aktif memberi dukungan saat tahapan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020...

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Rencong Batu yang terbuat dari marmer Aceh Selatan karya mahasiswa dan dosen Poltas 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Direktur Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Dr Muhammad Yasar STP Msc mengaku bangga hasil inovasi mahasiswa dan dosen Poltas berupa Rencong Batu masuk menjadi nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020.

Hanya saja, Dr Yasar berharap, Rencong Batu yang terbuat dari marmer asli Aceh Selatan itu bukan hanya sebatas nominator saja, tapi mampu keluar sebagai juara dalam ajang tersebut.

Untuk itu, Direktur Poltas ini mengajak, seluruh masyarakat Aceh Selatan dan Aceh untuk ramai-ramai mendukung Rencong Batu dengan memberi suara saat pemungutan nanti supaya memenangkan kontes nasional itu.

"Alhamdulillah, Aceh Selatan mampu masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 untuk dua kategori sekaligus, yaitu kategori cinderamata lewat Rencong Batu dan kategori wisata air berupa Surfing Samadua,” ucap Dr Yasar.

“Semoga kita semua dapat memberi dukungan penuh terhadap kemajuan pariwisata Aceh Selatan," ujar Direktur Poltas ini.

Irigasi Mandumpang Jebol Tertimpa Longsor, 60 Hektare Sawah Kekeringan, Ini Janji Bupati Dulmusrid

Kisah Imigran Rohingya Terdampar di Aceh Utara, Kurang Makanan Hingga 15 Orang Meninggal di Laut

Tiga Mahasiswi STIT Saman Al-Hasan yang Diwisuda Raih Predikat Cumlaude, Ini Nama-namanya

“Kita minta warga aktif memberi dukungan saat tahapan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus hingga 31 Desember 2020, dengan cara ketik API 6F kirim ke 99386,” ajaknya.

Di sisi lain, Direktur Poltas mengapresiasi kinerja Dinas Pariwisata Aceh Selatan yang telah berjuang hingga kedua objek wisata itu tembus nominasi dalam ajang API 2020.

"Mari kita dukung bersama agar pariwisata Aceh Selatan terus tumbuh, berkembang, dan maju. Apresiasi teristimewa kepada mahasiswa Teknik Industri Politeknik Aceh Selatan dan pihak media yang telah mengangkat produk ini ke permukaan," tukasnya.

Senjata khas Aceh
Seperti diketahui, rencong adalah senjata tradisional khas Aceh yang sudah terkenal berabad-abad lamanya. Saat masa kejayaan Kerajaan Aceh tempo dulu, rencong ini menjadi senjata kebanggaan perwira-perwira kesultanan dan cukup ditakuti kaum penjajah ketika bertarung dalam jarak dekat.

Halaman
12
Penulis: Taufik Zass
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved