Breaking News:

Video

VIDEO - Ribuan Jamaah Shalat Subuh Perdana di Masjid Hagia Sophia Turki

Ribuan jamaah melaksanakan shalat subuh pertama di Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Kota Metropolis terbesar di Turki, (25/7/2020).

Sehari sebelumnya atau pada Jumat, shalat Jumat perdada dan doa bersama di Masjid Hagia Sophia menandai ibadah pertama dii Hagia Sophia dalam 86 tahun terakhir.

SERAMBINEWS.COM, ISTANBUL - Ribuan jamaah melaksanakan shalat subuh perdana di Masjid Hagia Sophia, Istanbul, Kota Metropolis terbesar di Turki, Sabtu (25/7/2020).

Sehari sebelumnya atau pada Jumat, shalat Jumat perdada dan doa bersama di Masjid Hagia Sophia menandai ibadah pertama dii Hagia Sophia dalam 86 tahun terakhir.

Dalam pelaksanaan shalat Jumat tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membacakan Surah Al-Fatihah dan Surah Al-Baqarah 1-5.

Ulama dan Akademisi Dukung Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

VIDEO - Kontroversi Hagia Sophia, Yunani-Turki Saling Berbalas Kata-kata Kasar

Turki Kutuk Pembakaran Benderanya di Yunani, Ekstrimis Protes Hagia Sophia Jadi Masjid

Kemudian, empat muazin dari empat menara masjid melantunkan lafaz azan, atau panggilan untuk shalat, dan orang-orang pun memulai shalat Jumat bersejarah itu.

Selain berfungsi sebagai masjid, Hagia Sophia juga merupakan salah satu tujuan wisata utama bagi negara Turki yang dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Pada tahun 1985, selama menjadi Museum, Hagia Sophia masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Selama 916 tahun Hagia Sophia digunakan sebagai gereja, hingga penaklukan Istanbul, dan menjadikannya masjid dari tahun 1453 sampai 1934.

Presiden Erdogan dan para pemimpin Turki lainnya juga telah lama berinisiatif untuk mengembalikan Hagia Sophia menjadi masjid hingga  impian ini tercapai pada Jumat, 10 Juli 2020. (Anadolu Agency)

VIDEO - Hormati Sejarah Hagia Sophia, Area Penobatan Kaisar Tak Berkarpet Hijau

Erdogan Ingin Diingat Generasi Mendatang, Gereja Ortodoks dan Museum Hagia Sophia Jadi Masjid Lagi

Ulama Italia Bela Paus Fransiskus, Sedih Melihat Perubahan Hagia Sophia Jadi Masjid

Penulis: yuhendra saputra
Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved